Jumat, 26 Agustus 2011

Tidak Bahagia Dalam Karir ,dan Cara Mengatasinya. (Fiqh Profesi ).



"Kank ,Saya merasa pekerjaan ini tidak menjanjikan apa apa ,namun untuk keluar saya tidak memiliki keberanian. Anehnya teman teman juga memiliki perasaan yang sama namun bertahan sampai bertahun tahun .Ini cuma perasaan atau kenyataan..?"


“Allah tidak hendak menyulitkan kalian tetapi Dia hendak membersihkan kalian dan menyempurnakan nikmatnya bagi kalian ,supaya kalian bersyukur”. (Qs .al Maa’idah 6)


Seorang karyawan semestinya menyadari antara keinginan yang didapat dan apa yang perusahaan bisa berikan padanya,karena karirnya sangat tergantung akan kedua hal ini.Kemampuan menganalisa diri tentang prospek jenjang karir,tantangan dalam pekerjaan dan target kehidupan pribadi akan mendatangkan kebahagiaan.


Anda boleh memulai mencari apa yang ingin anda temukan dalam karir atau profesi ideal saat ini.Selanjutnya sesuaikan dengan gaya hidup anda saat ini.Aspirasi karir anda harus berjalan seiring dan seimbang dengan gaya hidup yang anda jalani.Perubahan harus dilakukan apabila anda telah mempersiapkannya secara matang .Apa yang hendak diubah dan apa yang sudah siap anda ubah..?

Untuk mencapai keberhasilan dan kebahagiaan anda dalam karir maka anda perlu menggali lebih banyak potensi ,untuk mempelajari karakter dan minat selanjutnya menyesuaikan dengan gaya hidup yang anda anut.Pikirkan kembali apakah perusahaan anda yang sekarang bisa memberikan tantangan yang anda butuhkan untuk mencapai kesejahteraan dan kesuksesan di masa depan.

Pemahaman yang mendalam tentang makna kerja dari karir anda akan sangat membantu anda menganalisa pekerjaan yang sedang anda geluti sekaligus apakah tuntutan anda dalam berkarir sekarang realistis.

Jika implementasi psikologis dari Sabda Nabi SAW :“ Sesungguhnya Allah telah membuat batasan maka janganlah kalian melanggarnya. Dan ,Dia telah menetapkan kewajiban-kewajiban ,maka janganlah kalian melalaikannya . Dia juga telah mengharamkan beberapa hal,maka janganlah kalian melakukannya. Kemudian Dia mendiamkan beberapa hal sebagai rahmat bagi kalian ,bukan karena lupa ,maka janganlah kalian membahasnya”. HR Daruqthni. Maka anda dapat menganalisa potensi diri yang anda miliki.




Situasi yang buruk akan terjadi jika pekerjaan anda tidak dihargai oleh perusahaan anda maka akan membuat perasaan dan harga diri andapun dilecehkan.Tingkat kebanggaan dan kepuasan anda terhadap pekerjaan akan jatuh juga.Berupayalah untuk objektif menilai perusahaan apakah pekerjaan anda dihargai dan berusahalah supaya hasil kerja anda dihargai.Jangan takut untuk memberikan ide guna pengembangan perusahaan untuk menciptakan posisi baru melalui bakat dan keahlian anda.Berusahalah untuk tulus dan professional dalam keterlibatan beberapa tugas ekstra dan proyek baru guna menunjukkan potensi yang anda miliki kepada manajemen.



Dalam lingkungan yang sangat kompetitif ,bakat keahlian pengetahuan dan pengalaman semestinya dapat mendorong anda menemukan kebahagiaan dalam berkarir. Selamat berpikir kembali.


0 komentar:

Posting Komentar