Senin, 08 Agustus 2011

. Goal is Sederhana , "Sederhanalah maka kamu akan sampai…”


Kata” sederhana” sangat mudah diucapkan.Dalam prakteknya sulit !Apalagi jika .sudah punya prinsip jika bisa dibuat rumit kenapa disederhanakan.

Ambil contoh tukang servise TV /otomotif yang tidak profesional.Sepi orderan.Pasti akan mengelabuhi konsumennya.Dengan mengatakan bahwa” kerusakan nya butuh waktu lama untuk memperbaiki...rumit.”.ujung-ujungnya ke untung an besar sesaat.

Goal dalam permainan sepak bola ,sederhana;bola masuk kegawang lawan.Jadi segala macam strategi dan taktik harus diarah kan agar tercipta goal sebanyak banyaknya..Demikian juga dalam tujuan hidup.Semestinya bisa sederhana .Tapi cara berpikir/paradigma.menjalani hidup .Kita buat menjadi sangat rumit.

Seorang karyawan sering mengeluh gajinya tidak kunjung mencukupi kebutuhan hidup.Meskipun gaji sudah mengalami kenaikan berkali kali.Ternyata penyebabnya gaya hidup boros,.Berani hutang meskipun belum jelas bagaimana cara membayarnya.Tetap mereka lakukan .!Hanya karena mengikuti gaya hidup teman gaulnya. Padahal kalau mau berpikir sederhana,Tidak punya uang yah tidak belanja. Akan membuat tidak berada dalam “tekanan finansial”.

Kesederhanaan memiliki unsur.:

Pertama ,Intelegensia Emosi.

Menunda kesenangan,dibutuhkan seseorang guna menghadapi problem masa depan.Didalam nya terkandung ketrampilan mengelola emosi ,emotional management. Persaingan hidup menuntut manusia tidak hanya memiliki IQ tapi juga EQ dan SQ.Maka sikap sederhana merupakan cerminan ketiganya.IQ ,mengunakan nalar untuk berpikir tingkat kebutuhan. Menggunakan EQ untuk mempertimbangkan agar tidak keburu nafsu.Dan SQ untuk mengukur kadar baik. benar,adil dan bertanggung jawab serta kebermaknaan dalam hidup.

Kedua,Ketrampilan berpikir kritis.

Kesederhanaan mengajarkan agar didalam mengambil keputusan menggunaskan berbagai pendekatan.Dari yang penting sampai genting ,skala prioritas.!Didalam keadaan terdesak, seperti usaha diambang kebrangkutan.Karena minus keuntungan .Pertimbangan antara mempertahankan usaha karena menjga gengsi.Dengan menjual aset bahkan menutup usaha.Sering membuat bimbang para pengusaha.Padahal kalau mau berpikir sederhana” menjadi pengusaha itu hidup dari keuntungan ,jadi kalau tidak untung, lantas....apa yang mau dicari..! Sederhanalah didalam berpikir.Karena otak akan capek kal;u diisi kerumitan.

Ketiga,Memerlukan tehnologi.

Kemudahan dalam pengurusan Sim KTP,ATM dan ICT merupakan muara dari kesederhanaan.Yaitu agar dapat melayani masyarakat dengan mudah.Namun justru keinginan mempermudah akses layanan kepada masyarakat itulah . Pada akhirnya mendorong pihak terkait memikirkan sarananya.Yang tentu saja tidak sesederhana yang dirasakan pemakainya.Pelajaran yang bisa diambil dari dari kesederhanaan , membutuhkan tehnologi.berpikir kreatif dan inovatif. Sederhanakan dalam sistem dan temukan tehnologinya.

Keempat,Efektifitas dan efesiensi.

Kesederhanaan dalam memilih aktivitas.
kegiatan yang mendatangkan hasil secara maksimal .Adalah Efektifitas.
Lebih memilih menggunakan waktu untuk membaca daripada menonton,sinetron di TV adalah contoh dari efektifitas. Yaitu menggunakan kesederhanaan dalam memilih media informasi yang tepat.

Dalam kehidupan sehari hari, kita tidak bisa bertindak efektif dan efesien .Karena sibuk menggunakan konsep berpikir rumit. Jika muara dari efektif dan efesiensi adalah hasil optimal.Carilah arti konkret dari hasil yang dinginkan . Lalu rumuskan langkahnya secara sederhana !,niscaya akan cepat sampai.

Orang dengan kesederhanaan adalah orang yang memiliki kedalaman pengetahuan.Yaitu ;Intelegensi emosi,ketrampilan berpikir kritis, penguasaan tehnologi dan efektif.

Jika kesederhanaan digunakan mewujudkan goal.Maka berikut langkah praktisnya:

1.Bercita cita setinggi langit,tidak dilarang.Rencanakan tindakan melalui
langkah .praktis. Selanjutnya sederhanakan tujuan jangka pendek yang dapat
segera diraih.

2.Mendapatkan apa yang ingin diraih adalah sukses.Nikmatilah kesuksesan
dengan rasa syukur. Sekecil apapun yang telah dicapai.Maka hidup menjadi
berharga dan bermakna.

3.Menyederhanakan pencapaian keberhasialan melalui rentang waktu yang
ditentukan .Memudahkan evaluasi langkah yang diambil .Dan memperbaiki
langkah kongkret selanjutnya. Tanpa rentang waktu yang ditetukan dalam
mencapainya anda tidak tahu sampai sebatas mana proses pencapaian hasil sudah
berjalan.

4.Kegairahan ,semangat dan kebermaknaan .Biasanya tidak terletak pada hasil yang dicapai. Tapi keasyikan untuk mendapatknya. Itulah sebabnya hidup akan terus ber gairah. Semangat meng gelora berjuang . Tidak kelelahan sebelum hasil didapat.

5..Menyederhanakan arti “ rintangan dan kegagalan “sebagi proses keberhasilan. Akan membuat anda memiliki semangat pantang menyerah. Menepis rasa putus asa.Menambah kedewasaan .Serta menemukan inovasi dan mencari langkah strategis menghadapi kekurangan dan kesalahan . Thomas Alfa Edison harus mengalami kegagalan 10.000 kali sebelum penemuan nya ,go global. Jadi jangan miliki keraguan .
Justru kegagalan dan rintangan adalah cara Tuhan meningkatkan kualitas hidup anda.

6.Kecepatan anda dalam mengambil kesempatan dalam setiap kesulitan.
Menghasilkan keberhasilan yang luar biasa. Mengingat pada saat kesulitan
justru banyak orang menyerah dan menghindari. Jangan ragukan kekuatan
kekuatan diri sendiri. Karena potensi kekuatan daya saing yang kita miliki
adalah jutaan kali lipat. Ingat sebelum kita menjadi zigote .sel sperma yang
membetuknya bisa 1;1 milyard . Artinya anda perna h mengalami persaingan
yang amat dahsyat . Dan terbuklti dengan diri anda yang saat ini membaca tulisan
ini.Ambil; moment yang tepat untuk melangkah, adalah cara sederhana untuk keluar dari kesulitan. Menggantinya menjadi keberhasilan.

7. Tindakan positip harus diambil untuk menghindari kemalasan dalam melangkah.Karena untuk berhasil tidak hanya dibutuhkan pikiran positip. Tetapi juga harus ditindak lanjuti dengan tindakan positip .Seperti : tidak menunda,mewujudkan renecana dalam tindakan ,tidak mudah menyerah selalu meng evaluasi setiap langkah yang sudah diambil . Merupakan tindakan positip yang secara sederhana hanya menntut kemauan anda.

8.Ambisius ,Menghalalkan segala cara. Bukan cara sederhana untuk mewujudkan keberhasilan yang hakiki .Namun justru memperpanjang jalan keberhasilan. Dikarenakan cara -cara melanggar norma itu sesungguhnya akan mengganggu Spiritual Qoestions setiap pribadi. Diakui atau tidak hal itu tidak bisa disangkal . Mengingat setiap manusia memiliki hati nurani yang senantiasa berpihak pada kebaikan ,kebenaran, keadilan dan tanggung jawab.Juga menjadi arah hidup, hakim dan sekaligus hukum .

Sukses bisa menyenangkan tetapi apalah artinya jika hidup mengalami kehampaan, meaningless.

Secara sederhana, goal tidak membuat anda menderita secara psikis.Menyiksa batin dan memenjara diri dengan perasaan tidak nyaman secara berkepanjangan. Jangan mengisolasi diri untuk menikmati kebahagiaan setiap denyut nafas anda.

Ternyata goal ./ keberhasilan itu sederhana .Yaitu;Menanyakan kepada diri sendiri “Apa yang sebenarnya kamu inginkan ...?.

Tuhan dengan serba Maha nya saja.Cukup hanya berkata “Jadilah ! ! maka jadilah sesuatu “ Goal is sederhana.

0 komentar:

Posting Komentar