Sabtu, 29 Januari 2011

Rapat Dewan Guru yang Lebih Effektif dan Bermanfaat


Rapat Dewan Guru yang Lebih Effektif dan Bermanfaat

Seri Karakter : Un Conventional Management .


Widiarsih; Saya baru saja menduduki Jabatan Kepala Sekolah di SMP Swasta yang bonafid saya ingin memulai rapat dewan guru yang efektif dan bermanfaat..?

Kank Hari: Rapat rutin bersama guru merupakan media komunikasi yang paling penting bagi kegiatan pengeloaan sekolah.Rapat rutin juga merupkan forum untuk memotivasi guru , guna meningkatkan prestasi kerjanya.Karena itu tetapkan rapat rutin mingguan sebagai agenda kegiatan system manjemen di sekolah yang anda pimpin.

Adapun rapat rutin bersama guru dapat digunakan

.1. Menginformasikan arah dan kebijakan sekolah terbaru juga tentang program
program kegiatan pembelajaran inovatif ..
.2. Memberi kesempatan kepada tenaga pendidik untuk saling berinteraksi,saling
bertukar ide dalam mengatasi dan mengelola kesulitan dikelas.
3. Gunakan sebagai pengumuman hasil evaluasi kinerja guru pada minggu lalu
serta memotivasi dan mengumumkan kinerja yang diharapkan pada
minggu mendatang.


Dengan adanya pengetahuan dan komitmen para guru tentang rapat mingguan,guru dapat mempersiapkan “bahan” yang bakal dibawanyasaat menghadiri rapat.

Karena itu saat rapat berlangsung perlu diciptakan situasi komunikasi rapat yang “partisipatif “ adapun caranya sebagai berikut:

• Buat setiap peserta rapat dapat menjelaskan metode dan pendekatan dalam Kegiatan Belajar Mengajar didalam kelas dan pengalaman sukses minggu lalu.. Agar peserta lain mendapatkan ide , guna belajar menciptakan susana yang menyenangkan.Sekaligus mengasah peserta untuk memiliki presentation skill.
• Tugaskan pula beberapa guru untuk mendapatkan informasi dari KBM sekolah lain sekaligus mengasah kecakapan guru dalam analisa dan membandingkan dengan sekolahnya. Sehingga para guru disekolah anda dapat belajar kesalahan dan keberhasilan sekolah lain.
• Pemutaran Video atau membedah sebuah buku tentang pendidikan .dapat dijadikan diskusi yang inspiratif. Jika perlu undanglah pembicara tamu guna membangkitkan semangat dan kesadaran dalam memberikan pelayanan pendidikan.
Jika diperhatikan biasanya dalam undangan rapat jarang dibutkan dengan jelaas agenda rapat yang dibicarakan.Sehingga rapat menjadi tidak memiliki daya tarik bagi calon peserta.

Agenda rapat sebaiknya berisi :

• Waktu mulai dan waktu selesai serta tujuan rapat juga pint point yang dibicarakan. Dengan demikian peserta dapat menghargai waktu dan mimiliki persiapan rapat.
• Persiapan apa yang harus dilakukan oleh setiap anggota rapat agar berkontribusi aktif selama berlangsung proses diskusi.
• Berikan tugas pada peserta untuk bertanggung jawab atas pint point yang didiskusikan

Sedangkan hal yang harus anda hindari :

• .Rapat bukan ajang bagi anda untu sekedar marah memberi teguran guru yang berkinerja buruk tanpa solusi yang jelas.
• Rapat membosankan karena arahnya tidak jelas,tidak dapat menjawab isu dan maslah utama dan yang berbicara selalu orang yang sama.
• Orang yang tidak kompeten diundang berbicara dan rapat hanya menghabiskan wkatu untuk membaas hal hal yang tidak relevan..

Setelah anda memperoleh pengetahuan dasar rapat ,anda dapat memikirkan cara memperbaiki dan menambah beberapa variasi yang unik bagi rapat dewan guru di sekolah anda.Selamat Rapat..

0 komentar:

Posting Komentar