Sabtu, 29 Januari 2011

MANAJEMEN SDM DALAM MBS

MANAJEMEN SDM DALAM MBS

Seri Karakter :Un Conventional Management

Bunyamin : Kank, sebagai kepala sekolah sya ingin sekolah kami maju bagaimana cara mengimplementasikan Manajemen SDM dalam mengelola guru di sekolah kami…?

Kank Hari : seorang kepala sekolah memiliki tanggung jawab untuk mengelola tenaga pendidik sebagai asset Sumber Daya Manusia.Karena itu kepala sekolah tidak hanya menguasai manjemen kurikulum dan administrasi saja melainkan pengelolaan SDM.

Dalam pengelolaan SDM perlu memahami prinsip,metode dan kiat kiat melakukan penilaian kinerja dan tehnik umpan balik bagi tenaga pendidiknya.Inilah beberapa proses penilaian yang bisa dikembangkan :

Pertama: tentukan pemantapan MBS anda bersifat system,manusia dan sarana dari total kegiatan operasional sekolah.

Kedua,yaitu menentukan standart kinerja dan kompetensi siswa yang ingin dicapai baik harian,mingguan bulanan ,tri wulan semester hingga jangka waktu tertentu.

Ketiga :tentukan tolok ukur penilaian kinerja :Dengan mengukur proses kerja seperti jumlah jam mengajar,pembelajaran efektif ,frekuensi keterlibatan siswa aktif ,pengembangan metode pembelajaran ,rasio keberhasikanKKM dsb.Sedangkan ukuran berikutnya adalah hasil akhir meliputi perubahan karakter,motivasi belajar siswa dan partispasi aktif wali murid dalam kegiatan persekolahan.


Manajemen SDM dalam MBS sebaiknya berorientasi ingin mencapai puncak prestasi namun terukur inilah urutan meningkatan kinerja guru :meningkatan pretasi bawahan meningkatkan .kebiasaan kerja/etos kerjamonev yang efektif memelihara prestasi yang meningkat.

Setelah penilaian kerja secara periodik berkesinambungan maka program reinforcement program ini dapat berjalan efefktif bila didukung peimpinan secara nyata,baik yang bersifat moral konsisten dan dana.

0 komentar:

Posting Komentar