Jumat, 04 Februari 2011

Service Recovery , ,Jangan Cuma Perintah,Lakukan …!


Service Recovery , ,Jangan Cuma Perintah,Lakukan …!

Seri Moral profesi

Pada saat saya masuk hari pertama sebagai area Distric Manager perusahaan media. Saya dikejutkan keributan kecil antara bagian costumer servise ,sales dan distribusi.
Mereka salin lempar tanggung jawab siapa yang harus menghandle complain pelanggan..!

Costumer service; “ini tanggung jawabmu karena kamu kan yang merayu pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian…!

Bagian sales :” nggak bisa kamu kan tahu semestinya tidak kamu sanggupi pengiriman hari ini karena barang penggantinya nggak ada….lagi pula costumer servise kok nggak ngecek bagian gudang,pengiriman juga begitu maian angkut saja …!

Bagian Distribusi ; kalian berdua sama ngaconya ,kami yang Cuma mengirim jadi kena imbasnya didamprat habis habisan. Mau ngamuk entar tambah kacau…!’


Custumer servise : “ saya mesti ngomong apa ini sebentar lagi…pelanggan itu telepon..!” Tiba tiba telepon bebering …nah itu kan…!

Saya segera tanggap”…biar saya yang menghandle,!” begitu ,perintah saya.

Dikarenakan stok barang digudang sudah habis saya mencari langsung ke retailer produk yang dikomplain itu dan mengantar nya sendiri …singkat cerita pelanggan itu puas dan melanjutka transaksi lebih besar serta menrefensi saya kepada koleganya…!



Pesan Moralnya adalah :

Kadang ketika mengalami krisis atau mengadapi kesulitan dalam suatu tim. Seringkali anggota tim lebih banyak member perintah arahan nasehat dsbnya. Padahal yang dibutuhkan justru tindakan penyelamatan bukan sekadar bicara.apalagi jika ini menyangkut konsumen yang kita layani. Miliki kebaranian bertindak dalam penyelamatan niscaya akan anda dapat kan kesempatan bukankah “ dalam setiap kesulitan sesungguhnya adalah peluang keberhasilan…!

0 komentar:

Posting Komentar