Selasa, 15 Februari 2011

Positive Mental Attitude,Pegawai BUMN , ajaran Rosullah


Positive Mental Attitude,Pegawai BUMN , ajaran Rosullah


"Wahai anakku,jika engkau mampu membersihkan hatimu dari kecurangn terhadap seseorang ,baik pagi hari maupun petang ,maka lakukanlah !’.Selanjutanya,beliau melanjutkan;”wahai anakku ,yang demikian itu termasuk sunahku.barang siapa yang menghidupkan tuntunanku,berarti mencintaiku dan barang siapa yang mencintaiku niscaya akan bersamaku di surge “. (Tirmidzi ,Kitabul ‘ilmi )


Teach your child to be good sport : your child will care about sportsmanship if you teach him that the real rival in any competition is him self. It also that means treating her rival with courtesy and respect ,Child Developmental Psychology.


Seorang Kasi Keuangan di Instansi Pemerintahan yang baru menjabat beberapa bulan jabatannya itu berniat mengundurkan diri. Lantaran suasana di bidang yang dipimpinnya penuh intrik dan kecurangan warisan pejabat sebelumnya.

Bukan saja persoalan kejujuran tapi juga persaingan antar staff yang berebut kue proyek namun perbedaan perbedaan antar teman sejawat di besar besarkan . sehingga tak jarang jarang konflik sering terjadi .

“Celakanya ,bukan hanya di bidang yang saya tangani saja kaak,antar bidang pun ,masing masing kukuh dengan ego sektoralnya..,kayaknya lama lama saya tidak tahan…!”.

Saya faham pejabat satu ini memang meiliki track record yang mengagumkan dibidang keuangan pada jabatan sebelumnya ,fairness, accountable & accessible .Apalagi lulusan magister dari PT ternama dengan IPK yang lumayan bagus 3,86. Usia belum mencapai empat puluh . Pasti sangat idealis, straight forward ….!.

Menurut saya selaku konsultan SDM pada dunia Industri dan lembaga pemerintahan ,persaingan konflik bahkan intrik adalah hal “wajar” . selama tidak menggunakan cara cara busuk untuk menjegal perjalanan sukses karir seseorang. Seperti mencari cari kesaahan oaring lain ,sabotase proyek sampai mungkin black magic.

Mengimplemantasikan sabda rosullullah tentang” agar selalu berpikir positip kepada oarang lain” semestinya dimulai dari:


Pertama ,Komitmen pada profesi. Menjadi seorang leader dibidang keuangan bukan sekedar bagaimana menjalankan system pembukuan keuangan ,melainkan menjalankan prisnsip prisnip kejujuran dalam penggunaan alokasi dana sesuai pos –pos kebutuhan yang harus dibiayai. Maka sisitem ini harus dijadikan kesepakatan didalam bidang yang harus dipatuhi. Prinsip ; “saya beda dengan kasi keuangan yang lain ,saya akan kawal pengelolaan dibidang yang saya pegang sesuai juklak yang telah disepakati..!,Selanjutnya istiqomah dalam menjalankannya.” Akan membuat anda kuat pada pendirian

Kedua ,Fokus pada tugas.. dengan kondisi team yang amburadul itu tentu bukan hal mudah untuk mengenadalikan mereka ,,karena karakter dan kepentingan mereka berbeda –beda. Kemampuan anda sebagai pimipinan mereka adalah kemampuan penyelarasan dan penetapan organisasi kedepan.Sehingga hal ini dapat memperkecil resiko perpecahan.arahkan lah mereka agar karakter,keinginaan dan tujuan mereka tetap sama dan selaras untuk kesuksesan target organisasi.sehingga mereka tidak hanya berpikir menggulingkan teman sejawat untuk menduduki jabatannya.

Ketiga ,”Silahturahim “.,berkesinambungan. Karena bekerja bukan hanya persoalan “transactional” dan keuangan bukan cuma pembukuan saja.tetapi juga menjaga hubungan baik antar staf dan kepada atasan.. yang lebih hebat bila masing masing karyawan bisa bekerja sama saling support untuk tugas yang dibeban kan kepada mereka.Pemimpin yang hebat harus bisa menciptakan momentum energy silaturahim.Tetapkanlah pola penghargaan yang bisa mempengaruhi motivasi team dengan factor non financial.,seperti recognition awarding dan hak hak istimewa lainnya.

Keempat.memahami nilai spiritualitas kerja secara lengkap. Nilai etos pelayanan public,nilai pelayanan ‘pelanggan”.prinsip keuangan,prinsip clean good governance ,maupun prinsip pribadi.Salah satu prinsip yang harus dijunjung tinggi kejujuran. Jadikan stempel kejujuran sebagai citra melekat bagi staff anda

Untuk menjadi seperti ini,anda harus memeliki karakter yang kuat ,stabil,dewasa dan independen serta amanah sehingga keputusan dan kebijakan yang anda buat adalah hasil sebuah pertimbangan dan analisa yang fair dan akuntabel . Selain itu anda harus kredibel dan peduli terhadap staff agar mereka bisa mempedulikan perintah anda . Selamat mencoba !!

0 komentar:

Posting Komentar