Minggu, 13 Februari 2011

‘’Get Followership” resep Rosulullah SAW


‘’Get Followership” resep Rosulullah SAW

Suatu ketika rosulullah masuk kesemak- belukar dengan beberapa sahabatnya,kemudian beliau mengambil dari semak itu ,dua potong kayu penyikat gigi ,yang satu bengkok dan yang satu lagi lurus. Lalu beliau menyerahkan yang lurus kepada sahabtnya.
“ Ya rosulullah ! ‘,demi Allah, sebenarnya anda lebih berhak dengan yang lurus dari pada saya! ‘.

Rosulullah SAW ; Tiadalah seoarang sahabat yang menemani seorang sahabat,walaupun beberapa saat ,melainkan akan ditanya tentang persahabatannya itu. Apakah ia menjunjung tinggiatau menyia nyiakannnya “.

Biasanya persepsi bawahan atau staf yunior terhadap pimpinan instansi atau perusahaan adalah makin senior kedudukan pimpinan,makin tinggi ekspektasi bawahan pada pemimpin yang dapat melindungi tenang dan dapat menegndalikan emosi.

Sikap pimpinan yang cerdas emosinya dapat memelihara kebersamaan dan kerja sama tim yang solid. Kemampuan menjaga perasaan orang lain dan menyelamatkan “aib “ bawahanya apabila menghadapi situasi sulit dan dilematis.Salah asatu sikap mendasar dari kemitraan dalam manjemen adalah systemsemestinya menjadi sebuah ikatan yang saling menguatkan .Dalam proses sampai ketujuan itulah ,setiap individu harus saling tolong menolong. Yang tua mengasihi yang muda dan yang muda menolong yang tua.,Yang berpengalaman /senior menolong yang muda dan yang berkuasa memperhatikan yang lemah.

Konsep tolong menolong ini adalam konsep tanam tuai artinya setiap orang yang ditolong biasanya ingin membalas penolongnya apalagi jika yang menolong adalah atasannya.Perbuatan ini akan sangat mendukung sikap menjaga toleransi dan keseimbangan dalam kehidupan bisnis ,keluarga ataupun pribadi.

Bawahan harus kita perlakukan sebagai mitra kerja,Mendapatkan kepercayaan untuk mendukung visi misi perusahaan itu tidak bisa lewat pedekatan otoritas jabatan. Melainkan harus dibuktikan dengan memberikan kondisi keperpihakan kepada kepentingan terbaik bawahan, Rosulullah:”memberikan kayu lurus kepada sahabat”. Harus dibangun terus menerus dan melalui perjalanan waktu yang panjang dan berkesinambungan.

0 komentar:

Posting Komentar