Rabu, 09 Februari 2011

TIPS Relasi Atasan yang” Dihormatii” Karyawan.


TIPS Relasi Atasan yang” Dihormatii” Karyawan.


Seri Karakter Kepemimpinan Berbasis Keimanan

Cukup banyak pimpinan yang dihormati karyawannya sebatas jabatannya saja namun tidak jarang karyawan merasa gerah dengan kehadiran atasannya. Sehingga bukan saja perintahnya tidak ditaati,atau banyak karyawan yang melanggar peraturan,bahkan yang lebih parah justru karyawan terbaik hengkang dari perusahaan.Bagaimana memenangkan hati mereka.?

Inilah beberapa Tips dari prinsip ‘Keimanan”yang bisa digunakan :

1.”Iman seorang hamba tidak istiqomah,sebelum hatinya istiqomah. Hatinya tidak istiqomah sebelum lidahnya istiqomah “. HR Ahmad.

Konsistensi (istiqomah )perlakuan kepada karyawan seperti melakukan klien memiliki nilai positif dimata karyawan.Ciptakan kesetaraan dalam membina relasi dengan karyawan. Hapuskan”kasta’ dalam birokrasi diperusahaan anda sehingga tidak ada penghalang bagi atasan dan bawahan berpikir dan bertindak menciptakan percepatan kemajuan perusahaan. Jangan pilih pilih perlakuan,istiqomahlah dalam niat ucapan dan tindakan !


2.”Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) denagan cara yang lebih baik. Maka tiba tiba orang yang diantaramu dan antara dia ada permusuhan ,seolah olah telah menjadi teman yang sangat setia “.Qs Fushshilat ; 34

Faktor kenyamanan psikologis adalah factor yang sangat penting bagi banyak karyawan.meningat uang bukan satu satunya alasan mengapa karyawan resignMaka toleransi dan fleksibilitas terhadap “kesalahan” bukan kriminalitas dapat membuat karyawan memperbaiki diri. Berikan ruang bagi kekebasan untuk gagal,penguranagan “meja” biro krasi yang merumitkan kepengurusan kepentingan karyawan.ijinkan karyawan kreatif dan berinovasi dalam bekerja.,adalah salah satu upaya meningkatkan ‘kenyamanan “ psikologis karyawan.

Ingat ! sangat efesien biaya mempertahankan karyawan terbaik anda daripada rekrutmen dan melatih karyawan baru.

3.”……………Dan sederhanakanlah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu . sesungguhnya seburuk buruk suara itu adalah suara keledai .QS Luqman 18-19.


Manajemen semestinya dapat mengkomunikasikan arah dan kebijakan perusahaan yang dapat menciptakan ‘sense of ownership “bagi karyawannya.Maka strategi komunikasi arah perusahaan yang mengikat semestinya dapat memberikan “jaminan kepastian pekerjaan “,tidak semana mena (…lunakkan suaramu ) serta mendorong karyawan termotivasi belajar berkesinambungan.Loyalitas mereka akan muncul karena kepercayaan anda terhadapnya(…kesederhanaan langkah )adala mengembankan ‘talent mereka untuk kebaikan dan kemajuan perusahaan.hal ini sangat essential dalam mengelola perusahaan denagan cara positif serta menghindarkan dari sabotase ,kemarahan penolakan dan kecemasan karyawan.


Buatlah karyawan mencintai perusahaan anada memalalui komunikasi yang terbuka melalui berbagai saluran komunikasi.Ciptakan peluang bagi mereka untuk dapat beraktualisasi diri,saling mendukung dan mengembangkan komunikasi dalam team kerja. Tunjukan peran setiap orang sehingga mereka dapat berkontribusi bagi kemajuan perusahaan

Ingat ,penghargaan adalah stretegi membuat karyawan terbaik betah diperusahaan anda.!

0 komentar:

Posting Komentar