Rabu, 09 Februari 2011

“Positioning” Pribadi PNS,Bukan Sekedar Tampil Beda…!


“Positioning” Pribadi PNS,Bukan Sekedar Tampil Beda…!

Seri Karakter Pengembangan Pribadi Pegawai.

“Dan apabila mereka mendengar perkataan yang tidak bermanfaat,mereka berpaling daripadanya. Dan mereka berkata,” Bagi kami amal amal kami,dan bagi kalian amal kalian,kesejahteraan atas diri kaliankami tidak ingin bergaul dengan orang jahil”. QS al Qashash :55.

“Kank ,memang persepsi negative tentang PNS bisa kami terima ,lantas bagaimana caranya agar saya tidak termasuk seperti mereka…sehingga masyarakat tidak pukul rata dalam menilai seseorang “. Pertanyaan peserta pelatihan Logika Iman dalam Profesionalitas di Instansi Pemerintahan. .

Jika kita berbicara persepsi maka tidak bisa lepas dari “bombardier”. Informasi yang diterima oleh masyarakat. Baik lewat media massa ,mendegar sendiri atau mengalami pengalaman negative ketika berhubungan dengan PNS. Sehingga kesimpulan dapat terbentuk dan pada akhirnya persepsi mengalahakan realita. Realita bahwa “tidak semua PNS seperti yang ada dalam persepsinya.Namun itulah persepsi lebih kuat pengaruhnya dibanding realita, “perception more important than the reality”.

Maka tantangan anda sebagai PNS adalah bagaimana membangun persepsi positif di benak masyarakat . Sama sama PNS,tapi anda bisa diyakini mampu memberikan solusi dalam pelayanan masyarakat tanpa embel embel UUD ujung ujungnya duit .Untuk itu anda dituntut memliki kecakapan memposisikan diri,postioning.

Dalam positioning pribadi ,anda dituntut mengenali lebih dalam hakekat makna kerja bagi anda dan mengamati perilaku PNS yang menimbulkan persepsi negative di masyarakat.kematanagan .Analisa anda akan sangat efektif membangun ekuitas citra pribadi anda selaku PNS.Positioning anda bukan sekedar pencitraan melalui kegiatan dengan mengelauarkan beaya banyak untuk membuat nama baik.Yang penting sederhana,mengena dan dapat me reinforce kebutuhan “tersembunyi “masyarakat yang anda layani lewat proses ketulusan dan kehati hatian.

Postioning PNS adalah pelayan masyarakat harus bisa anda buktikan dan dirasakan oleh masyarakat secara tangible.Dalam postioning pribadi anda harus dianggap memilliki “arti”,penting dalam menjalankan tugas.Pelayanan anda dirasakan dapat memberikan solusi atas persoalan yang dihadapai masyarakat .

Namun positioning tidak cukup sampai disini,krena anda harus dapat dibedakan dengan PNS yang lain alias diferensiasi..Diferensiasi inilah letak keunikan positioning anda,bedanya kalau PNS lain bisa memuluskan berbagai persoalan asal ada fulus atau uang. Tapi anda tidak .anda meyakini untuk tugas yang anda lakukan sudah digaji pemerintah,tulus tanpa mengharap”gratifikasi”..Dan anda yakin tugas yang anda lakukan adalah amanah Tuhan. Maka tahapan pertama dari positioning pribadi adalah memiliki “arti ‘.pelayanan yang solutif dan keunikan pribadi”.Setiap orang pada dasarnya dapat mengenag lebih lama perlakuan yang menyenagkan dan berbeda dari orang lain ,demikian juga apa yang anda lakukan.

Pada tahapan selanjutnya anda harus dapat menanamkan persepsi dibenak masyarakat dalam segala tingkah laku di dalam instansi maupun diluar kantor.Sehingga secara emosi mereka dapat merasakan kemanfaatan atas perlakuan yang anda berikan.buat lah anda dikenal bagus ahlaknya dimanapun,memberikan kemanfaatan /senantiasa rela membantu kesulitan orang laindan dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat inilah adalah tahapan selanjutnya dari positioning .

Anda dapat melakukan positioning pribadi ditengah “krisis” kepercayaan kepada PNS selamat berkarya.!

0 komentar:

Posting Komentar