Jumat, 12 Juni 2009

Sense Of Responsibility



Ukuran kredibilitas seseorang terukur dari kemampuan menegembangkan perasaan bertanggung jawab atas tugas dan peran yang dijalaankan.Bahkan dalam ajaran Islam manusia dijadikan sebagai pemimipin yang harus mem pertanggung jawabakan kepemimpinananya. Artinya setiap kita bisa menjadi pemimpin yang berkualaitas .Sebesar kualitas rasa tanggung jawab yang dimilikinya.

Bisa dibayangkan jika sebuah usaha dilakuakan tanpa tanggung jawab. Bisa dipastikan kebangkrutan tanpa menghitung hari. Demikian juga setiap karyawan memiliki tanggung jawab atas masing masing tugasnya dengan job disc.Rasa tanggung jawab dapa berwujud :

Pertama.Kesediaan belajar dan diajari.

Karyawan baru harus memiliki rasa rendah hati , setidaknya mau belajar dan diajari. Tidak boleh memiliki rasa gengsi apalagi merasa sudah memiliki pendidikan tinggi. Karena yang dihadapi adalah pengalaman baru yang tidak didapati dibangku kuliah dan tempat lain. Perusahaan memiliki visi ,misi dan sistem yang khas sebagai strategi penegembangannya. Kesombongan hanya akan merugikan diri sendiri dan perusahaan.

Kedua, menyajikan hasil kerja yang berkualitas.

Hasil kerja adalah ukuran kelayakan seseorang menerima “upahnya” dan alasan orang itu dipertahankan di perusahaan. Jadi kalau anda ingin loyal upayakan tetap menghasilkan , syukur hasil yang berkualitas.Maka anda tidak hanya dipertahankan melainkan anda juga berkemungkinan di promosikan untuk jabatan. Jika anada memiliki keberanian mengatakan hasil kerja anda memlalui data dan fakta maka anda sudah memiliki tanggung jawab.

Ketiga, Didukung rekan kerja dan team.

Orang yang bertanggung jawab disukai dan didukung semua pihak. Dikarenakan mereka merasa aman dari “lpelemparan” pertanggung jawaban . Dengan demikian orang lain merasa senang membantu target teamnya , masing masing menjalankan peran sebagaimana mestinya.Tidak ada alasan bagi orang yang bertanggung jawab untuk menghindari kesulitan . Bahkan mereka berupaya memberikan yang terbaik dari yang mereka bisa demi tanggung jawabnya.

“Selama bertahun tahun , saya mengamati ribuan manajer dan menemukan , sifat terpenting yang dimiliki oleh hampir semua manajer yang punya kinerja tinggi adalah rasa tanggung jawab yang mendorong mereka tampil sempurna/ istimewah tanpa peduli apapun kekuatan yang menghadang atau menghambatnya.Sebaliknya , manajer buruk yang gagal mencapai kapasitas maksimum , melemparkan kesalahannya pada siapa saja- bos berwatak sulit, pasangan kerja yang tidak supportive- tidak mendukung, rekan sekerja yang tidak kooperative dsb “.Gerlad Kushel Ed D, Direktur The institute of Effective Thinking.

Apakah anda sudah bertanggung jawab ?

0 komentar:

Posting Komentar