Selasa, 23 Juni 2009

Psikografis Pembeli kenalilah



Banyak penjaga toko di kompleks pertokoan , mulai dari pelayan toko, sales counter sampai sales promotions girls. Melakukan tugas penjualannya hanya sekedar menawarkan produk atau menunggu pembeli datang . Bahkan tidak jarang hanya bagi bagi brosur. Padahal keberadaaan mereka disana ditujukan untuk menghasilkan peningkatan penjualan.
Apabila mereka dapat mengenali psikografis konsumennya maka mereka tidak saja dapat melakukan closing the sale melainkan juga mendapatkan ketrampilan menjual dan comunications skill. Jika diamati ada beberapa tipe pembeli :

Pertama , Si perhitugan.

Mereka terbiasa membawa catatan rincian belanja . Menyesuaikan budget yang tersedia dengan kebutuhan. Biasanya tidak terlalu pilih tempat belanja. Selalu mencari barang murah dengan kualitas istimewah. Seringkali perilaku mereka terkesan cerewet.
Menghadapi costumer seperti inii penjual semestinya memiliki kesabaran yang tinggi. Berperan sebagai konselor akan banyak membantu. Lebih banyak mendengar , lalu kemudian penjual dapat mengarahkan untuk menemukan produk yang dimaksud . Maka anda bakal dikenal sebagai penjual yang solutip. Jika mereka terkesan dengan anda , mereka akan mempercayakan keputusan pembelian berdasarkan pertimbangan anda.
Kenalkan benefit dan keunggulan produk serta keterjangkauan pembelian. Buatkan perhitungan secara detil agar ia bisa mempertimbangkan pembelian sesuai karakternya.

Kedua , Hobbi belanja

Yang namanya hobbi itu sangat menyenangkan demikian juga costumer yang hobbi belanja . kesenangannya terletak pada kegiatan belanjanya. Belanja adalah kegiatan refreshing dan cuci mata . Biasanya berangkat bersama keluarga dan teman temannya. Mereka suka mengkoleksi sesuatu yang baru.

Customer seperti ini suka jika dipuji. Apalagi jika pembelian yang dilakukan untuk melengkapi koleksi produk yang dimiliki. Karena itu mengenalkan produk baru atau koleksi terbaru menjadi penting dilakukan oleh penjual. Jangan biarkan costumer ini keluar dari toko anda dengan tangan hampa tanpa melakukan pembelian apapun. Sekecil apapun pembelian hal itu menambah omzet penjualan.

Ketiga , Pilih Kualitas

Costumer yang satu ini bisanya lebih suka memilih. Mulai dari tempat belanja sampi produknya. Dikarenakan memang daya belinya kuat. Biasanya mereka adalah para profesional. Karena itu pertimbangan pembelian selalu berdasarkan persepsi kualitas.
Ciptakan pula kegiatan penjualan/proses menjual secara berkualitas. Tunjukan anda adalah penjual yang berkualitas yaitu yang mampu memberikan solusi atas problem yang dimiliki. Meskipun produk anda yang mungkin belum didukung pencintraan secara profesional, brand image. Dapat terjual karena anda memiliki kualitas penjual profesional.

Yang paling panting jangan hanya menjadi penjual yang sekedar menjadi penjaga barang dagangan toko.

Bagaimana dengan kemampuan anda menjual ?

0 komentar:

Posting Komentar