Minggu, 13 Februari 2011

Winning Peoples Heart Share and Loyalty “. ala Rosulullah Sawh

‘Winning peoples heart share and loyalty “. ala Rosulullah Saw


Rosulullah pernah bersabda dalam hadisnya yang diriwayatkan Imam bukhari dan Muslim sebagai berikut: “Apabila pelayan anda datang membawa makanan,maka hendaklah anda menyuruh dia duduk dan makanlah bersamanya. Seandainya tidak berbuat demikian ,maka hendklah beri dia sesuap dari makanan tadi..!’

Implementasi Pengembangan SDM dari hadist tsb adalah Rosulullah menganjurkan agar kita menempatkan posisi bawahan sebagai mitra kerja yang memiliki kesamaan hak. dalam berkehidupan..Sementara jabatan dan pangkat hanyalah fungsi dari sebuah pekerjaan.

Sikap Rosulullah adalah wujud dari empati terhadap bawahan atau staff yunior.seperti memberikan support kepada karyawan yang harus absen mendadak karena mengantar anak /istrinya kerumah sakit atau ememberikan kesempatan kepada bawahanuntuk curhat tentang pekerjaan yang overload yang ditanggungnya sendiri.Sikap ini harus dilakukan dengan ikhlas ,memiliki insiatif untuk “meringankan ‘beban berlebih bawahan nya.Ini merupakan strategi winning peoples heart share and loyalty.(merebut hati/simpati bawahan dan loyalitas).


Karena itu owner atau HRD manager dalam memilih kadidat yang memiliki kemuliaan akhlak yang tercermin dari sikap yang mengutamakan etika emphatic,kesenangan berbagi,disiplin dan mengutamakan rasa keadilan.Sehingga pendekatan kepada karyawan bukan pendekatan otoritas dan straight forward ,melainkan seorang pemimpin yang melihat bawahan dengan sikap welas asih

Bersediakah anda memberikan “kewenangan” sebagaimana anjuran rosulullah berbagi porsi makanan kepada pelayan,walaupun sedikit..!

0 komentar:

Posting Komentar