Minggu, 29 November 2009

Semangat Melayani


Meningkatkan Kualitas Semangat Pelayanan Aparatur Pemerintahan di Dinas Pendidikan JawaTimur.

Oleh : Kank Hari Santoso , Smart Parenting Insight Management

Dari waktu kewaktu pelayanan kepada masyarakat mengalami perubahan seiring dengan tuntutan dan tantangan zaman.Dari sekedar menjalankan kewajiban hingga menumbuhkan spirit pelayanan dalam diri setiap karyawan.

Terutama dalam instansi yang berkaitan dengan Pendidikan maka semangat pelayanan mutlak menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam setiap pegawai Dinas Pendidikan Jatim.
Setiap pegawai harus merasa terlibat proses pemuasaan klien (masyarakat ),baik secara langsung maupun tidak ,bukan sekedar hanya sebagai pelaksana melainkan dapat menjalankan fungsi perannya , sebagaimana harapan klien .

Mengingat Citra Pendidikan adalah percieved value dan percieved quality di mata klien dan masyarakat umum. Citra bermartabat dan citra berkualitas, sehingga aparaturnya diharapkan dapat mencerminkan citra yang dimaksud.
Maka pelatihan ini dapat menjembatani citra tersebut.

Setiap orang pada dasarnya memiliki kebutuhan untuk diakui dan hasrat berprestasi. Karena itu meningkatkan spirit of service dimulai dari dalam pegawai itu sendiri. Pegawai diharapkan akan mempunyai sense of ownership dan sense of responsibility pada profesinya. Sehingga ia akan memberikan pelayanan total untuk memuaskan klien.

Agar hal tersebut dapat terjadi,maka pelatihan tentang Meningkatkan Semangat Pelayanan diharapkan dapat menjadi sarana “ Public Service” Di Dinas Pendidikan Propinsi Jatim dapat berjalan secara optimal.

Menghadapi tantangan yang makin besar dan beraneka ragam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat maka setiap pegawai Dinas Pendidikan perlu memiliki Pengetahuan tentang arti pelayanan itu sendiri.

Pengetahuan tentang layanan itu menyangkut tentang arti kualitas layanan yang meliputi:

• Tangibles : tampilan dari fasilitas fisik, perlengkapan, karyawan sampai media yang digunakan dalam sebuah proses pelayanan. Tangibles di lingkungan Dinas Pendidikan bisa dilihat dari ketersediaan fasilitas yang memadai, pegawai yang siap membantu dan standar informasi yang ditetapkan.Ini bisa kita lihat apakah pegawai dinas dapat menyelesaakan tugas yang telah dijanjikan tepat waktu.

• Responsiveness: kecepat tanggapan pegawai dalam menangani setiap keluhan atau persoalan yang dihadapi klien.

• Assurance : reputasi pelayanan yang diberikan pegawai dinas dapat menjadi jaminan rasa percaya ,trust sekaligus rasa percaya diri klien.

• Emphati ; kepekaaan dan kepedulian pegawai dinas atas persoalan yang dihadapi klien. Sehingga emphati adalah panggilan jiwa pegawai bukan sekedar menggugurkan kewajiban atas tugas saja.

Diharapkan setelah tercapainya kesadaran tentang pentingnya Pengetahuan Kualitas Layanan dalam menjalakan profesi. Pegawai Dinas Pendidikan memiliki semangat pelayanan yang tinggi.

Selanjutnya budaya melayani klien harus dihayati setiap pegawai dinas.Sehingga setiap klien dari lapisan apapun harus diterima sebagai input yang menyempurnakan program pelayanan yang dicanangkan.Apapun pendapat klien dianggap sebagai masukan yang sangat berharga dikarenakan mereka mewakliki suara masyarakat.

Dilihat dari sudut padang strategis maka pelayanan terhadap klien seharusnya merupakan upaya menciptakan kemudahan dan memberikan kepuasaan sekaligus meraih hati klien . Karena itu semangat pelayanan harus menjadi bagian tak terpisahkan didalam :Visi ,misi,budaya dan strategi Instansi Dinas Pendidikan Propinsi Jatim.


Tujuan umum dari program pelatihan ini:

1. Mendidik Pegawai Dinas Pendidikan Jatim menjadi bagian dari proses upaya Public Service dengan penekanan pada disiplin pribadi dan perubahan gaya hidup pegawai ke gaya hidup pelayan masyarakat .

2. Mengajarkan profesionalisme ,etika profesi dan etos pelayanan serta penghayatan atas diri dan hakikat kerja.

3. Menanamkan semangat kebersamaan diantara para pegawai.

4. Memberikan informasi kasus nyata pelayanan di pemerintahan dan dunia usaha.

5. Membiasakan pegawai memiliki komitmen pada prosedur dan peraturan yang berlaku dalam Dinas Pendidikan Jatim.


Pada akhirnya program pelatihan ini dapat meningkatkan kinerja pegawai dalam rangka mensukseskan program “Public Servise” di Jatim sekaligus meningkatkan mutu SDM di lingkungan Dinas Pendidikan Jatim .


Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar