Sabtu, 07 November 2009

Bagaimana me’Manage” wartawan ?


Bagaimana me’Manage” wartawan ?

Bpk Budianto, pegawai bag. Humas dari suatu Instansi. “ Pemberitaan sering tak berimbang, lantas bagaimana kami bisa membangun citra positif PNS dimata masyarakat ?

Kank Hari :Ketidak jelasan informasi dari sumber yang berkaitan dapat menyebabkan pemberitaan menjadi bias.Hubungan yang baik harus dibina dengan memberikan kemudahan informasi kepada wartawan.Tugas humas adalah harus dapat melayani kebutuhan tersebut.Meski kadang tidak dalam jam kerja.

Jangan pernah pilih kasih dalam membina partnership dengan wartawan.Semua wartawan dari berbagai media masa memiliki hak yang sama mendapatkan kejelasan informasi.Jika perlu ada jamuan khusus untuk mereka sekaligus menciptakan relationship bonding.Sampai wartawan menyadari bahwa humas adalah mitra kerja .

Jika ada pemberitaan yang tidak tepat , jangan emosi !. Gunakan hak jawab atas pemberitaan yang keliru, lakukan secara etis jangan menyinggung secara pribadi dan instansi…! Agar kekeliruan dapat menjadi solusi memperbaiki keadaan.

Kuncinya ;peran humas bukan sekedar penyampai pesan instansi melainkan meyakinkan media bahwa program yang dijalankan merupakan kesungguhan menegakan profesionalitas dalam melayani masyarakat.

Ingat citra instansi itu reputasi kualitas layanan bukan iklan….!

0 komentar:

Posting Komentar