Rabu, 18 November 2009

Megenali Core Competence” karyawan” ala Rosul SAW



Megenali Core Competence” karyawan” ala Rosul SAW

Rosulullah SAW :” Sekasih kasih ummatku diantara umatkau adalah Abu Bakar, sekeras keras umatku pada hokum Allah adalah Umar, sebenar benar umatku yang pemalu adalah Ustman , sefasih fasih yang membaca kitab Allah adalah Ubay bin Ka’ab, sepintar –pintar orang dalam ilmu faraidl adlah Zaid bin Tsabit dan sepandai pandai orang dalam masalah halal dan haram adalah Mu’adz bin Jabal’.( HR At –Thurmudzi dari Anas )

Dimasa penuh ketidakpastian ini maka setiap karyawan didalam perusahaan harus memiliki kompetensi inti dalam melaksanakan tugasnya. Mengapa ? Jika pekerjaan tidak diserahkan kepada ahlinya maka yang terjadi tidak efektif dan tidak effesiens bahkan tidak produktif. Sebagai biang kehancuran perusahaan .

Sementara tantangan masa depan menuntut manjemen strategis untuk melakukan perubahan yang signifikan guna peningkatan produktivitas dan kinerja .Pola yang tepat dalam mengkomunikasikan perubahan tidak boleh grusa –grusu.Dikarenakan perubahan mendadak dapat menimbulkan penolakan besar besaran.

Terutama tugas Human Resource Development dituntut lebih handal dalam memetakan kompetensi setiap karyawan.

Setiap pekerjaan menjadi sangat ‘sempurna” jika dikerjakan oleh “ahlinya”, maka pendekatan Talent Based Competency Management. Menjadi prioritas utama menempatkan orang ahli pada tempatnya disaat yang tepat.

Kaderisasi dimulai dari menyiapkan karyawan menjadi center of excellent sebagai strategi jangka panjang.Sementara strategi jangka pendek adalah mengenali keberbakatan dan sifat kepribadian karyawan dalam menjalankan tugas melalui atasan masing masing disetiap unit kerja.

Pendekatan persuasive pengakuan dan penghargaan akan lebih akomodatif dibanding sekadar intimidasi dan ancaman.

Jika anda atasan yang peduli karyawan pasti anda akan temukan orang orang handal dengan core competence…. Bisakah ?

0 komentar:

Posting Komentar