Jika beban kerja hanya sebatas beban pekerjaan yang harus
atau telah dilaksanakan dalam aktivitas rutin, seperti membuka dan menjawab
email,merapikan dokumen, menjalankan pekerjaan sehari hari atau mengobrol
dengan teman sejawat. Dapat dipastikan institusi dan kreatifitas pegawai akan
tumpul bahkan mereka akan terjebak pada “mental gajian”, yang penting absen
setiap bulan gajian. Jika hal tersebut
sudah menimpa para pegawai maka akan sulit bagi instansi untuk memperoleh
kinerja yang bermutu.
Oleh karena itu tugas rutin pegawai tidak boleh statis dan terpaku pada sasaran
kinerja (SKP) saja ,namun juga
fleksible, independen, berkesempatan membengun tim work dengan unit kerja lain,
memiliki variasi dalam penyelenggaraan kegiatan serta sistem penghargaan non
finansial kepada pewagai, seperti pengakuan atas karya dan dedikasinya dsb.
Ciptakan iklim kerja yang dapat membuat para pegawai menyadari apa yang sebenarnya harus mereka
lakukan,sehingga dapat mempengaruhi kinerja mereka untuk memberikan pelayanan
terbaik kepada share holder maupun stake holder.
Jangan terjebak rutinitas karena bisa membosankan ..
0 komentar:
Posting Komentar