“ Menurut saya lebih
baik terbuka, bukan karena ada Undang
Undang Keterbukaan Publik, tapi tak ada gunanya menutup nutupi, sebab
masyarakat menutut kita untuk
bertanggung jawab atas apa yang terjadi dan saya pikir semain cepat persoalan
kita atasi semakin cepat proses netralisir citra lembaga “. Disampaikan Pak
Slamet salah satu skeretaris SKPD lembaga aparautr negara saat diskusi kasus
yang saya pimpin dalam workshop kehumasan SKPD.
Kata kunci dari menghadapi demo adalah mengajak bicara
tentang materi apa yang didemokan untuk tercipta kesepakatan atau solusi dari
persoalan yang dipermasalahkan. Bisa jadi pare pendmo pun tak tahu secara pasti
subtansi dari kejadian yang
mendatangkan krisis bagi lembaga. Semakin cepat diatasi semakin baik, mengapa
bisa jadi jika tidak ditangani secara cepat dengan penjelasan yang dapat
menciptakan truthful , bisa jadi
menjadi bola api yang menggelinding semakin tak terkendali dikerenakan mereka
mencari sendiri sumber sumber berita yang tak dapat dipertanggung jawabkan.
Kalau menurut saya jangan lebih 1x 24,
karena waktu yang terabaikan bisa mendatangkan resiko yang makin besar.
Yang harus dilakukan adalah menunjuk seorang juru bicara
yang bisa menjadi jembatan komunikasi yang menghasilkan kesepakatan sehingga
berita dan informasi hanya satu orang yang bertanggung jawab karena
kesimpangsiuran berita akan mendatangkan persoalan baru dan ketidak percayaan.
Sedangkan sikap mental yang dibutuhkan oleh seorang juru bicara adalah:
1.
Open mind dan tidak defensif apalagi sosok yang
mau menang sendiri justru sebaliknya dibutuhkan keterampilan simpatik dan
empatik, artinya bisa memahami tentang keresahan yang didemokan dan kemudian
mengajak diskusi bagaimana menemukan solusi yang pas.
2.
Kamampuan memilih kata , pilihan kata ini bagian
yang terpenting dikarenakan salah dalam bicara bisa menimbulkan persoalan baru.
Yakni kemampuan membuka percakapan keterampilan mendengarkan, menjelaskan dan menutup komunikasi dengan baik.
3.
Miliki data dan fakta pendukung dan ceritakan
kronologi kejadian atau tahapan prosedur
yang harus dilewati untuk menjawab ketidak tahuan yang mereka persoalankan
Dan yang palin penting
demonstrasi adalah salah satu cara untuk mencapaikan pendapat yang belum
terselesaikan secara personal dalam diskusi.
0 komentar:
Posting Komentar