Jumat, 04 Desember 2015

MENGATASI PERASAAN CEMAS AKIBAT MUSIM PHK


Katakanlah: “Bagaimana jika sumber air kamu telah kering, maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir kepadamu..?”. QS Al Mulk 30.

Penghasilan ibarat sumber air, namun tidak mungkin seorang pegawai akan terus sepanjang hidupnya menjadi pegawai jika tidak pensiun maka PHK yang menyebabkan mereka harus berhenti dari profesinya. Pemutusan hubungan kerja adalah momok yang menakutkan bagi para pegawai, bukan lantaran mereka takut akan kesulitannya tentang masa depan namun juga cemas terhadap bayangan kesulitan kesulitan yang dihadapinya sendiri, padahal sudah terbukti banyak orang sukses justru setelah mengalami PHK. Bagaimana orang sukses itu  mengatasi cemas karena akibat PHK..?


Berikut kiatnya:
1.       Cobalah berbicara kepada orang orang yang mencintai anda, tentang “kemungkinan”PHK bakal anda hadapi, sehingga diharapkan mereka akan memberikan penguatan dan keberanian dalam menghadapi hidup setelah PHK.
2.       Yakinlah bahwa Allah SWT tidak akan pernah menguji hamba diluar batas kemampuan yang dimiliki manusia bersangkutan . Dengan demikian anda masih bisa menjalin silaturahmi dengan sahabat, saudara sehingga anda mendapatkan info dan peluang usaha atau lowongan pekerjaan karena anda yakin anda masih terus bisa berupaya, dan upaya anda tidak akan mambwa pada kematian. Karena jarang ditemukan orang meninggal dunia  disebabkan  kerja keras, yang sering kita lihat orang harus dirawat dirumah sakit lantaran  membiarkan cemas menggerogoti mental dan pikirannya.
3.       Percayalah bahwa anda adalah pekerja keras sehingga apapun profesi yang bakal anda terima pasca PHK akan membuat anda bekerja secara bersungguh sungguh.
4.       Berupayalah untuk tidak mengikuti alur pemikiran negatif tentang masa depan yang lebih buruk karena hanya akan membuat anda tidak bergerak atau stress atau putus asa.
5.       Bayangkanlah bagaimana Allah SWt sedang  merencanakan masa depan yang lebih baik dengan mengatasi kecemasan yang anda miliki dan keberanian menghadapi tantangan yang anda hadapi dengan hati ikhlas.
6.       Tingkatkan mutu dan intensitas ibadah agar anda mendapatkan ketenangan dan jalan keluar dari kesulitan yang anda hadapi. Mungkin pertolonganNYa tidak akan anda duga karena  pertolonganNya sangatlah dekat.

PHK, bukanlah alasan bagi anda untuk berhenti berbahagia dan menemukan profesi yang lebih baik bagi anda di masa depan. Jadi jangan terlalu cemas karena Allah  SWT memiliki rencana lebih baik untuk mutu rezeki yang bakal anda dapatkan dimasa depan. Amin    

0 komentar:

Posting Komentar