Jumat, 04 Desember 2015

Merumuskan Manfaat “Gelar Even Kompetisi Spektakuler SKPD”


Awalnya saya tidak mengerti diajak menyaksikan sebuah pembukaan event kompetisi dimana saya didaulat hanya menjadi penonton saja, sampai pada akhirnya saya baru nggeh ketika berada dalam satu mobil pejabat  SKPD yang mengajak saya bersama sama menghadiri undangan tersebut sebagai tamu menuju perjalanan pulang tentu saja setelah berkeliling booth dengan berbagai wawancara spontanitas yang saya lakukan. “ Bagaimana kesan Kank Hari dengan acara tadi..?”


“Bagus pak spektakuler ..!seni pertunjukkan panggung , sound system dan lightingnya sangat memukau ..?”.
Bukan itu kank semua SKPD bisa menyelenggarakan even serupa  bahkan lebih spektakuler asal dana nya mencukupi, maksud saya dari wawancara spontan yang kank hari lakukan hampir satu  jam ke beberapa peserta event dan petugas tadi,  pelajaran apa yang bisa kita ambil ?. Karena  kita akan segera selenggarakan event kompetisi serupa di tiga bulan mendatang jadi masih banyak persiapan”.
Agak riwehh saya menjelaskan sebuah even yang diselenggarakan aparatur dibandingkan dengan perusahaan, begini pak secara sederhana ,  dalam perusahaan sebuah even haruslah dapat mendatangkan banyak orang namun tetap link dengan merk atau produk yang diselenggarkan sekaligus memberikan pengalaman yang berkesan terhadap event tersebut pada beberapa perusahaan event bukan sekedar promosi yang menghabiskan budget tetapi benar benar menghasilkan profit margin alias penjualan dan  long term relationship”.
“Ehg “.Masih tetap berfokus pada kemudi , selanjutnya beliau melanjutkan pertanyaan , “bagaimana dengan logika SKPD tadi kank..?”
Baik pak saya mencoba menggunakan logika Tupoksi dari masing masing SKPD, sebuah even yang diselenggarakan sebuah SKPD biasanya merupakan even sosialisasi, edukasi dan advokasi dari tupoksi SKPD tersebut. Namun jika hanya spektakuler nya saja yang menjadi rujukan atau jumlah pengunjung dan penonton saja yang menjadi ukuran sementara tidak link denganTupoksi tadi dapat dipastikan orang hanya sebatas ingat sesaat even tersebut lalu dilupakan”.
“Oke, itu benar ..lantas apa yang semestinya harus kita dapatkan dari peserta dan pengunjung..?”.
‘ Menurut saya kejelasan deskripsi eventnya pak..”
“Agak sulit kank karena even event SKPD itu event rutin tahunan deskripsi yang bagaimana maksudnya..”.
“Benar pak  tidak dapat dipungkiri sebuah even  di SKPD adalah kegiatan rutin tahunan, tapi tujuan dari penyelanggaraan even itu harus jelas misalnya jika event kegiatan itu untuk sosialisasi maka tujuannya adalah membuat target audiense tadi memiliki Awareness terhadap program yang diselanggarakan maka deskripsi dari sosialisai tersebut harus didesain seperti  tahunya sebatas mana, dari sekedar tahu menjadi tahu, atau dari sudah tahu menjadi mau melaksanakan atau segara melakukan tindakan dan selanjutnya dengan ukuran yang jelas, apalagi diera digital ini tidak sulit untuk mengukur respon tadi pak...?”.
“Baik , tapi kan tidak jarang even even tersebut dialih dayakan sesuai tuntutan peraturan dan tentu saja keterbatasan SDM  SKPD bersangkutan..? “
“Tidak salah pak , Namun menjadi salah jika SKPD tersebut hanya menyerahkan sepenuhnya kepada lembaga outsourching hanya untuk keberhasilan  acara sebuah event..!”
“Nah ini yang menarik , harus bagaimana dong SKPD bersangkutan..!”
“Saya agak nggak enak ini pak karena sepertinya saya harus menyebut nyebut TOP Manager di  SKPD bersangkutan yang paling bertanggung jawab..!”
“No problem, Kank Hari sudah kenal saya,  insya Allah saya siap mendengar kritik, lanjutkan saja ..!”
“Baik pak , yang pertama perlu diperdalam dari sebuah penyelanggaraan even kegiatan adalah alasan yang paling kuat mengapa kegiatan itu dilakukan atau the reason for why nya harus kuat inilah pentingnya sebuah riset pak atau hasil evaluasi  penyelenggaraan. Selanjutnya bersama team yang dibentuk oleh top manajer  merumuskan even yang pas, unik kretaif dan berdampak pada tercapainya tupoksi secara optimal pak.  Rumusan even kegiatan yang sudah tergambarkan dari hasil rumusan team tadi di sosialisasikan kepada unit unit terkait untuk memastikan support dan kesiapannya, selanjutnya baru dipertimbangakan EO mana yang diperkirakan dapat mewujudkan keinginan dari perumusan even tersebut pak.kalau menurut saya seperti ini sih pak..”
Oke kank pokoknya saat saya akan mengumpulkan team untuk perumusan event tersebut kank hari harus terlibat.., sekarang perut ini tidak bisa  diajak kompromi kita harus makan sore dulu.
Dan tidak lama mobil tersebut masuk ke sebuah restaurant menu tradisional yang memiliki lahan parkir sangat luas dan bangunan yang khas .




0 komentar:

Posting Komentar