Kank sebagai atasan, kami ingin semua pegawai kami
mendapatkan ineks pretasi kerja yang memuaskan dan tidak berharap ada satu pun
pegawai kami yang memiliki nilai dibawah standar SKP,bagaimana cara
membangkitkan motivasi diri mereka masing masing..?
Setiap
orang dalam bekerja memiliki motivasinya masing masing dari sekedarmemenuhi
kebutuhan dasar hidupnya sampai beraktualisasi diri, reward dalan bentuk
tunjangan dan bentuk penghargaan bisa menjadi motivasi bagi semangat kerja
mereka ,termasuk adanya “ancaman” hukuman dari tidak tercapainya target kinerja
juga bisa memacu mereka bekerja secara optimal.
Namun
motivasi eksternal itu tidak sedahsyat motivasi internal yakni kesadaran
diri tentang pentingnya membangun masa depan pribadi melalui kinerja optimal
denganmemberikan best performance dalam setiap aktivitasnya dalam
berprofesi,untuk itulah peran atasan tidak hanya sebagai supervisor melainkan
juga motivator bagi stafnya.
Oleh karena
itu penting bagi setiap atasan mengubah mindset
para pegawai atau staff dari bekerja untuk kepentingan instansi(atasan)
menjadi berprofesi untuk membangun kesuksesan pribadi dalam berkarir. Adapun
kiatnya sebagai berikut:
Pertama:
Tumbuhkan kesadaran dengan memberikan yang terbaik dari kinerjanya, maka akan
mendapatkan ganjaran yang baik pula dari hasil upayanya. Dengan demikian para
pegawai tidak hanya sekedar bekerja untuk memenuhi target volume alias
kuantitas dan target waktu dari beban kerjanya melainkan juga berpikir tentang
mutu pekerjaan dan hasil kerjanya,sehingga memperkecil “remedi” dan kesalahan
yang berakhir dengan pemborosan waktu serta volume yang tidak tercapai juga
pada akhirnya karena tidak memenuhi standar kelayakan hasil kerja maupun
kepuasan masyarakat. Disaat mereka sedang tidak bekerja mereka dorong mereka
supaya memiliki ide tentang”bagaimana caranya agar terus meningkatperforma
instansi ataupun pribadi..?”. Miliki luang waktu untuk bercengekrama bersama
mereka agar tumbuh “positive -thinking.”
Kedua :
Tumbuhkan minat agar mereka mengembangkan relasi harmonis dengan semua pihak
sebagai bagian dari interpersonal skill,dimana baik masayarakat yang
dilayani,rekan kerja,rekan lintas bidang/unit dan tasan adalah mitra sukses
dalam mengembangkan karir bukan sekedar hubungan transaksional. Dengan demikian
mereka akan memiliki ketulusan dalam
membangun long term relationship guna
kepentingan pelayanan prima sebagai pegawai ASN .
Sehingga
dalam menjalankan tugasnya pera pegawai ASN hanya berpikir untuk meningkatkan
kualitas kinerjanya dengan ,berusaha memenuhi setiap janji yang
diucapkan,mengenali keinginan dan kecemasan masayarakat yang dilayani ,berusaha
memenuhi kebuhtuhan dan memberikan solusi
dan berusaha memberikan kepuasan masyarakat dalam memberikan pelayanan.
Ketiga :
Buatlah mereka merasa berharga dan bangga dengan profesi yang
dijalaninya,sehingga dapat membuat meraka terus bekerja secara profesional.
Dengan demikian mereka akan terus meningkatkan kompetensi dan keterampilan
dalam melayani masyarakat. Oleh karena itu program pengembangan SDM
menjadi kunci penting bagi para pegawai
baik dalam bentuk diikutkan pelatihan/seminar maupun personal
approach oleh atasan bersangkutan. Sense
ownership akan tumbuh jika pegawai dapat beraktulisasi diri sesuai SOP/SKP
yang diembannya sehingga mereka merasa keberhasilan instansi nya menjadi bagian dari
kesuksesan pribadi sekaligus sense of responsibility pegawai tumbuh
melalui sikap mental kerja positif.
“Setiap
amal perbuatan akan mendaptkan balasan ,dan setiap balasan aadalah untuk diri
sendiri ,karena itu bekerjalah sebaik mungkin agar diberikan kebaikan pula bagi
kehidupan anda”. Kank Hari
0 komentar:
Posting Komentar