Senin, 27 Mei 2013

Kecakapan Komunikasi Staf (1)

Perlu anda sadari suka atau tidak suka promosi jabatan anda adalah  sedikit banyak karena pengaruh atasan.Namun tidak jarang dibelakang atasan ,anda  sering membicarakan dan mentertawakannya.Bahkan..........





 ketika atasan sedang memberikan arahan tidak jarang  anda mengabaikannya,mencibir atau tidak menganggapnya penting ,bahkan anda lebih sering membicarakan dengan rekan sejawat  kepentingan sendiri daripada menanggapi pesan atasan,sambil dalam hati anda  berkata :’haruskah aku mendegarkan kicauan atasan itu…”.sudah seperti biasa hanya itu itu saja yang diucapkan…!

Pada dasarnya  manusia memiliki  kebutuhan untuk diakui ,need for  recognize  sehingga lebih mementingkan   urusannya sendiri ,sibuk dengan apa yang hendak dikatakan  dan enggan mendengarkan pembicaraan orang lain termasuk  pesan dari atasan.Jika anda sadari anda tidak menyukai tipe orang seperti ini,anda pun beranggapan bahwa orang ini sesungguhnya adalah orang yang merugi termasuk orang yang membosankan .Maka segera hindari perilaku yang sebenarnya sangat anda benci itu..


 Agar anda tidak menjadi pribadi yang yang membosankan dan merugi  ,mulailah menaruh minat dan perhatian kepada orang lain ,mulailah menyukai kebiasaan  cara bicara mereka ,cara mereka memberikan solusi dalam mengatasi persoalan ,miliki kemampuan untuk mengajukan pertanyaan  tentang riwayat  kesuksesan mereka. Miliki keterampilan mendengar   agar anda tidak salah bicara  ,hindari banyak bicara ,keinginan untuk bangga diri dan membicarakan kekurangan orang lain,buatlah orang lain dan atasan merasa senang atas kehadiran anda,salah satunya memperhatikan apa yang dibicarakan orang lain  sebagaimana Sabda Rosul SAW :’ Tiada lah seseorang bercakap cakap dengan Rosullulah ,melainkan beliau menghadapkan mukanya sepenuhnya dan beliau tidak pernah berpaling dari orang itu hingga orang itu selesai berbicara “.HR At Thabrani 

0 komentar:

Posting Komentar