Kamis, 02 Juli 2015

Pelayanan Prima SKPD: Stagnan



"Ini sudah program tahunan, sudahlah gak usah neko neko..”. dan seluruh pegawai SKPD terjebak pada pekerjaan rutin harian dengan ritme seperti biasanya saja. Kemacetan pola pikir dan daya kreasi bisa jadi karena  dibentuk oleh situasi sehingga memang tidak ada perubahan, padahal tuntutan dan kebutuhan masyarakat mengalami perubahan.


 Bisa saja program yang dikembangkan sudah tidak lagi sesuai kebutuhan masyarakat, atau bisa saja masayarakat butuh solusi yang lebih jitu dari persoalan yang dihadapinya ,dengan solusi program yang itu itu saja.  Oleh karena itu SKPD harus tanggap bahwa iklim perubahan harus dihembuskan pada seluruh jajarannnya.

Jika tututan masyarakat lebih tinggi daripada kemampuan SDM dalam memberikan solusi maka buatlah rencana pencapaian dan cara mencapai harapan tersebut, kerja lembur yang menyenangkan bisa menjadi alternatif. Namun memang ada baiknya "Service Intelligence", alias salah satu pegawai yang memiliki daya “cenayang ‘ terhadap tuntutan masa depan lembaga dihargai sebagai langkah antispasi perubahan dan menemukan solusi atas tuntutan   dari awal sehingga dampaknya bisa memuaskan.

Namun jika memang tuntutan masyarakat sedemikian tingginya sehingga jauh melampaui dari potensi pelayanan yang SKPD miliki maka harus berani mengauki keterbatasan sambil terus meningkatkan kapasitas pelayanan, sehingga masyarakat dapat terlayani secara optimal.....   


0 komentar:

Posting Komentar