Jumat, 15 Februari 2013

Indikator Instrumen Penilaian Atasan Terhadap Kinerja Staf



Berikut cara sederhana mengukur kinerja staff anda 
 
 Bagus :80 %         Jelek  :40 %

 Biasa :60%         Sangat Jelek:20 %

Kinerja dikatakan:


Bagus  jika dapat melampaui target yang telah ditentukan .
Biasa jika  hasil dari pengerjaan tugas sesuai target .
Jelek jika  kurang dari target yang direncanakan .
Sangat    jelek jika tidak mengerjakan tugas yang diamanatkan kepada bersangkutan.



1.       Ketepatan Waktu  (Kw)
·         Kehadiran sesuai tertera di SOP.
·         Penyelesaian Tugas Sesuai Rencana
·         Keberadaan di Tempat Lokasi Tugas Diberikan.
·         Memenuhi janji yang telah disepakati


2.       Produktifitas  (P)
·         Memiliki ide dan gagasan serta siap sebagai pelaksana
·         Penyelesaian beban tugas.
·         Penyelesaian Tugas Tambahan.
·         Memiliki inisiatif 

3.       Mutu Kinerja  (M)
·         Melampaui harapan beban kerja
·         Sebatas rencana kerja. sesuai standar mutu target  beban kerja .
·         Dapat menyelesaikan hambatan kerjanya.
·         Tidak mengulang kesalahan yang sama .

4.       Sikap Mental Kooperatif  ( Sm)
·         Segera melaksanakan perintah atasan .
·         Menjalankan tugas sebagai mana mestinya tanpa diperintah
·         Tidak menimbulkan konflik dengan  rekan kerja.
·         Tidak egois dan merasa benar sendiri.


5.       Komplain (k) .
adalah elemen pembanding dari kepuasan “klien “.ditentukan dengan ;

Mendapat Pujian dari klien =1
Tidak ada komplain = 0,8
Komplain dari rekan kerja = 0,5
Komplain dari atasan =0,3
Komplain dari klien =0,1
Komplain dari semua pihak klien  ,rekan kerja  = 0.01


Yang dimaksud dengan komplain oleh rekan kerja :tidak memenuhi janji yang telah disepakati bersama dengan diketahui atasan,tidak menjalankan beban kerjanya sendiri dari sebuah team work, melakukan penghinaan ,menyerang secara verbal dan fisik,sulit diajak kerja sama  meskipun tidak ada pekerjaan yang dikerjakan dan merasa diri yang paling berwenang serta diri paling penting  di tugas kelompoknya.

Yang dimaksud Komplain dari  klien atau pihak luar :  dianggap tidak menguasai bidang tugasnya,bersikap tidak sopan,tidak memenuhi janji yang telah disepakati,pelanggan kecewa karena cacat pelayanan .


Cara menghitung ;

Kw  x P x  M xSm X k : 5=Mutu Kinerja karyawan  (dalam %)

Ambil Contoh :
Kw =B=80%                        Sm =Biasa =60 %     maka  à 80x6ox6ox6o x0,1 ;5= 30 %        
                                                                                                   (pembulatan keatas)
P= biasa=60 %
Mutu = Biasa =60 %
k=komplain dari klien =0,1
Maka karyawan bersangkutan mutu kinerja hanya 30%. Pengumuman mutu kinerja diumumkan setiap rapat bulanan sedangkan rapat evaluasi setiap Minggu. Penilaian dilakukan oleh masing masing ketua devisi .

1 komentar: