Senin, 18 Februari 2013

Kiat Menghadapi Pegawai Merasa Dibebani Pekerjaan




 




"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus". QS Al Bayyinah .5

Kank,staff saya merasa dibebani terlalu  banyak pekerjaan ,lebih parahnya merasa dia juga tidak di hargai oleh temannya dan hasil kerjanya,apa yang harus saya lakukan...?




Bisa  jadi persepsi staff anda terhadap beban yang dikerjakan  merasa terlalu banyak lantaran dirinya memang belum mengetahui dengan jelas volume  pekerjaan yang harus dikerjakan setiap pegawai,atau boleh  juga lantaran pegawai anda membandingkan volume pekerjaan yang dikerjakan dengan rekannya yang lain .   

Sementara itu perasaan tidak dihargai lebih dikarena kan cara pandang terhadap diri sendiri yang negatif dan mengharap terlalu banyak agar orang lain seperti yang dia ingin diperlakukan,akibatnya ketika harapannya tidak terpenuhi maka merasa dirinya tidak dihargai.Maka inilah langkah yang bisa anda lakukan:

·         Evaluasilah beban pekerjaan yang dilakukan terutama volume  beban pekerjaan.

·         Buatlah daftar rencana kerja ,target hasil  yang harus diisi  oleh pegawai  untuk mengukur volume beban kerja  setiap pegawai sekaligus digunakan sebagai distribusi pemerataan beban kerja yang adil.

·          Kepada pegawai bersangkutan ,dudukkan dan ajaklah diskusi tentang persoalan persepsi yang dialaminya,stelah mengetahui latar belakangnya ,yakinkan diri nya bahwa apa yang dilakukannya menunjukkan bahwa  sikap yang dilakukannkya adalah bukti loyalitas  seorang profesional.Sehingga pegawai bersangkutan merasa memiliki perasaan dihargai yang berguna membangun rasa percaya diri. 

·         Buatlah tim ,dengan melibatkan rekan kerja bersangkutan untuk ikut ambil bagian  dengan beban kerja yang terukur untuk setiap pegawai  yang tergabung didalamnya.

·         Ijinkan pegawai tersebut menyampaikan ide atau gagasan ,dan berilah kesempatan padanya untuk boleh mengerjakan tugasnya lebih cepat  melampui batas yang ditentukan sesuai mutu kinerja yang diharapkan.

·         Tunjukkan daftar keberhasilan keberhasilan yang pernah dilakukan agar pegwai bersangkutan tidak terfokus pada  kesalahan kesalahan yang dilakukan yang dapat mengikis rasa percaya dirinya.

·         Jangan tergesa gesa menyalahkan kesalahan kesalahan kecil yang dilakukan pegawai karena hal ini dapat membuat ciut nyalinya, dikarenakan pegawai juga harus belajar dari kesalahan nya untuk memperbaiki mutu kinerjanya.

Pada dasarnya diperlukan kejelasan informasi atas beban kerja setiap pegawai agar merasa diperlakukan adil Dengan demikian pegawai dapat melaknakan tugasnya secara optimal tanpa merasa dirinya yang paling dibebani.

0 komentar:

Posting Komentar