“Perumpamaan (nafkah yang
dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah
serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir
seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki.
dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui’. Al Baqarah 261
Ekuitas Merk (brand equity )menurut David
Aaker dalam bukunya Managing Brand Equity ,Capitalizing on the Value of a Brand Name menyebutkan ;ekuitas merek adalah suatu
penilaian merek berdasarkan totalitas
dari persepsinya meliputi mutu relatif dari produk dan layanan ,kinerja
keuangan ,loyalitas pelanggan ,kepuasan .penghargaan dsb.
Sementara itu dalam Rencana
Pembangunan Jangka Menengah Tahun 2010-2014 .Kementerian Pendidikan Nasional
telah menetapkan visi;Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan Nasional Untuk
Membentuk Insan Cerdas Indonesia
Komprehensif “.Layanan prima pendidikan adalah layanan pendidikan yang ;
1. Tersedia secara merata di seluruh
pelosok nusantara;
2. Terjangkau oleh seluruh lapisan
masyarakat;
3. Berkualitas /bermutu dan relevan dengan
kebutuhan kehidupan bermasyarakat ,dunia usaha dan dunia industri;
4. Setara bagi warga negara Indonesia dalam memperoleh pendidikan berkulitas dengan
memperhatikan keberagaman latar belakang sosial –budaya ,ekonomi ,geografi
,gender dsb dan ;
5. Menjamin
kepastian bagi warga negara Indonesia mengenyam
pendidikan dan menyesuaikan diri dengan tuntutan masyarakat.
Perpaduan brand equity dan layanan
prima pendidikan dapat meningkatkan Ekuitas Layanan Prima Pendidikan Dinas
Pendidikan Jatim seperti berikut ini:
Makin beragamnya persoalan dan
tantangan dunia pendidikan di Jawa
Timur menuntut sistem komunikasi dan informasi terpadu guna mensosialisasikan program program
layanan ,kebijakan,reputasi kualitas
layanan maupun citra pendidikan itu sendiri. Melakukan sosialisasi maupun
publikasi kegiatan-program –kebijakan-informasi pendidikan dengan berbagai
media massa ,seperti media cetak,media elektronik ataupun media internet.
Merupakan langkah yang sangat bagus untuk meningkatkan pengetahuan dan
kesadaran akan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam dunia pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan
di Jatim.
Selanjutnya pengelolaan sistem teknologi informasi komunikasi terpadu yang efektif memerlukan strategi jangka panjang dengan membangun sinergi internal relasi antar bidang dan seksi seksi terkait di dalam wilayah kerja Dinas Pendidikan Provinsi Jatim. Hal tersebut penting guna membangun citra pelayanan prima Dinas Pendidikan Jatim secara optimal sehingga masyarakat dapat merespon positif terhadap segala aktivitas layanan,tentang informasi kebijakan,administrasi ,program program jangka pendek,serta perubahan kurikulum yang membawa perubahan bagi kegiatan pembelajaran .
Selanjutnya pengelolaan sistem teknologi informasi komunikasi terpadu yang efektif memerlukan strategi jangka panjang dengan membangun sinergi internal relasi antar bidang dan seksi seksi terkait di dalam wilayah kerja Dinas Pendidikan Provinsi Jatim. Hal tersebut penting guna membangun citra pelayanan prima Dinas Pendidikan Jatim secara optimal sehingga masyarakat dapat merespon positif terhadap segala aktivitas layanan,tentang informasi kebijakan,administrasi ,program program jangka pendek,serta perubahan kurikulum yang membawa perubahan bagi kegiatan pembelajaran .
Salah satu kesulitan untuk
melakukan sistem koordinasi integrasi adalah bagaimana upaya koordinasi terpadu
dapat terlaksana dengan Dinas Pendidikan
kab/kota ,yakni apabila program tersebut
dapat memberikan manfaat secara langsung terhadap kemajuan pendidikan pada
kab/kota bersangkutan sekaligus membangun citra
mutu pendidikan di kota bersangkutan. Salah satu sebabnya kadang
kebijakan kab /kota tidak bersinergi secara langsung.
Manajemen Sistem Informasi Terpadu jangka
panjang semestinya mengakomodasi
perubahan apapun tentang kebijakan yang terjadi pada program
pendidikan bisa membangun kesadaran untuk proaktif dalam mengelola serta
mengembangkan pelayanan prima pendidikan
yang berorientasi pada kepentingan terbaik siswa,seiring dengan berubahnya
situasi dan kondisi tantangan dunia pendikdikan utamanya pembangun sumber daya
manusia Indonesia.
Pengelolaan sistem pelayanan
prima pendidikan bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat,tenaga pendidik
dan tenaga kependidikan terhadap layanan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim . Informasi terkait layanan prima
pendidikan diperkuat oleh Teknologi
Informasi Komunikasi yang secara
konsisten menyampaikan makna tujuan
Pendidikan Nasional kepada masyarakat :
1. Layanan
apa saja yang dapat diinformasikan , manfaat yang dirasakan dan kebutuhan yang dapat dipenuhi serta solusi atas permasalahan yang dihadapi masing
masing daerah atas pelayanan pendidikan;
2. Layanan
yang dapat membangun suatu layanan
unggul yang menonjol ,serta dapat membangun
pandangan masyarakat terhadap
asosiasi pelayanan positif (brand
association) Dinas Pendidikan
Provinsi Jatim.
Salah kunci keberhasilan
pelayanan prima pendidikan pada Dinas
Pendidikan Jatim adalah memperkuat integrasi internal antar bidang dan dukungan
seluruh aparaturnya guna menjalankan
tugasnya secara optimal . Konsistensi
ini sangat dibutuhkan untuk mendukung program
yang telah dicanangkan sekaligus membangun citra budaya pelayanan unggul
pada Dinas Pendidikan Jatim sebagai brand
equity.
Memperkuat citra pelayanan unggul
pada dunia pendidikan sangat bergantung pada integritas dan identitas dari Visi dan Misi Dinas Pendidikan Jatim,faktor
faktor yang mempengaruhi citra pelayanan prima pendidikan adalah proses ,manfaat fungsional,inovasi
kegiatan ,desain kebijakan regional dan
karakter dari aparaturnya. Adalah
penting menjaga kepuasan masyarakat yang telah terjalin selama ini melalui pengalaman mendapatkan layanan yang
memuaskan ,tetap penting untuk terus mengembangkan mutu layanan di masa depan.
Dalam mengelola ekuitas pelayanan
prima pendidikan adalah penting untuk
mengadakan relasi dengan kabupaten
/kota dengan memetakan kebutuhan layanan informasi dan solusi pendidikan mengingat luasnya wilayah layanan
serta diversitas masing masing kabupaten /kota dinas pendidikan. Pada kondisi tertentu bisa saja
layanan prima pendidikan tidak bisa terjangkau lantaran koordinasi
& informasi yang terputus,dengan demikian diperlukan kesadaran aparatur dinas kabupaten
kota untuk peduli terhadap kesenjangan yang terjadi diwilayah kerjanya.
Guna membangun sense of ownership terhadap program
pelayanan prima pendidikan di Dinas
Pendidikan Jatim diperlukan;
Pertama ,Komitmen
Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk
membangun jaringan koordinasi terpadu dengan Dinas Pendidikan Jatim untuk memberikan layanan prima pendidikan
menggunakan sistem Jaringan Teknologi
Informasi Komunikasi yang dikelola oleh Dinas Pendidikan Provinsi
,sehingga sistem tersebut mendapatkan pengakuan oleh masyarakat pendidikan
memberikan kemanfaatan yang unggul .
Kedua ; Sebuah
program pelayanan harus terus ditingkatkan dengan memperluas jangkauan wilayah
sasaran layanan dengan meningkatkan
kemudahan pengaksesnya melalui tatap muka mau pun pemanfaatan teknologi.
Masyarakat perlu dibangun kesadaran tentang dukungannya
terhadap program pendidikan yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Sehingga
dapat tercipta kerja sama saling menguntungkan guna mewujudkan tujuan
pendidikan nasional;untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ,berakhlak mulia
,sehat ,berilmu ,cakap,kreatif ,mandiri
dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
0 komentar:
Posting Komentar