Minggu, 06 Januari 2013

Kiat Lebih Percaya Diri Di Tempat Kerja



Kank ,kadang saya merasa minder karena saya pegawai biasa. Penampilan tidak terlalu cantik belum memiliki kedudukan dan saya merasa orang orang tidak menghargai saya . bagaimana caranya agar saya bisa tampil lebih percaya diri di tempat kerja. ...?

 

 Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak kurniaNya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.   Qs Yunus ;107



“Harapan yang tak masuk akal untuk diri sendiri dan orang lain sering berakibat pada perasaan takut ditolak dan dicela sehingga tidak jarang terlalu kritis pada diri sendiri”. Begitulah kata  Dr David. D Bruns ,Presbyterian  Medical Center ,Philadelphia penulis buku Intimate Connections. Maka dari itu kunci dari agar anda lebih percaya diri adalah dengan bersyukur,makna syukur tercermin dalam perbuatan mau menerima diri sendiri,memanfaatkan posisi yang saat ini sudah  anda terima dan  menjalankan profesi sebagaimana mestinya secara optimal. Agar bisa bersyukur inilah kiatnya


Pertama :Sadari setiap orang mempunyai bakatnya masing masing. 

Jika anda dapat menyadari bahwa anda pun berbakat maka anda bisa mengenali kegiatan yang paling anda sukai dan kuasai dengan demikian anda akan berpikir positif dan bertindak positif .Sehingga anda lebih bangga lantaran anda bisa berkarya dengan hasil yang lebih baik ,dengan demikian pandangan anda terhadap diri sendiri positif   dan  pandangan orang lain terhadap diri anda juga berkesan positif .
Mulailah dengan mengembangkan hobi ,bakat atau kesukaan yang anda miliki sehingga anda benar benar mengusainya bahkan sampai berprestasi dengan anda merasa bisa dan berprestasi akan meningkatkan rasa percaya diri. Jangan memperkecil diri sendiri dengan membandingkan”kelebihan “orang lain karena jika berhasil mengembangkan diri melalui bakat yang anda miliki anda pun juga memiliki kelebihan. Jadi milikilah minimal datu minat atau hobi.

Kedua :Berpenampilan menarik

 Bagaimanapun juga pakaian dan penampilan bisa menjadi cermin kepribadian seseorang. Pakailah pakaian yang membuat anda merasa ‘comfort “ rias diri anda dengan riasan yang membuat anda terkesan bergembira dan berbahagia. Penampilan anda yang terkesan bersahabat akan memudahkan anda untuk dapat berelasi dengan orang lain. Kuasai perasaan anda dari perasaan minder karena pada posisi pergaulan anda memiliki kedudukan yang sama dalam berkomunikasi. Ucapkanlah ucapan yang baik sehingga orang lebih senang berbicara kepada anda. Dengan anda merasa disukai, diajak bicara makin memperkuat harga diri.

Salah satu kiat agar anda tetap berpenampilan menarik adalah tidak terlalu mencurigai atau merespon negatif perilaku orang lain. Jangan berharap besar orang lain mau menurut terhadap apa yang anda mau ,karena hal ini hanya akan membuat anda mudah kecewa. Bersikaplah santai .rileks ,senyum dan optimis dengan demikian rekan kerja atau klien akan senang membina relasi bersama anda.

Ketiga ,Tingkatkan Kompetensi  

Perasaan dapat menyelesaikan tugas sesuai tenggat waktunya akan menimbulkan rasa percaya diri . Karena itu kuasailah bidang pekerjaan yang saat ini anda geluti,tingkatkan terus pengetahuan ,keterampilan kerja ,baik melalui bertanya,membaca buku , mengikuti seminar ataupun belajar dari para senior. Seorang profesional terlihat pada caranya mengerjakan tugas ,mereka mengerahkan segenap pengetahuan ,keterampilan dan sikap mental untuk hasil yang bernilai. Mereka tidak segan Learn how to do dan learning by doing jadikan pembelajaran semur hidup sebagai value profesionalitas  anda    .karena itu bergembiralah saat bekerja manfaatkan lah waktu bekerja untuk meningkatkan kualitas kehidupan anda.

Rasa percaya diri adalah merupakan cara pandang terhadap diri sendiri ,karena itu milikilah rasa syukur agar anda menerima ,mengembangkan rasa percaya diri anda dalam berprofesi.  

0 komentar:

Posting Komentar