Selasa, 06 Maret 2012

Seri Insight Mangement:Cara Menjadi Pribadi Lebih Berguna,Personal Officer Brand


Case Study

Selama dia bekerja sebagai bagian laundry disebuah hotel ,Achmad  memang dikenal paling ramah kepada siapa saja .Bukan hanya saat bekerja namun jauh pada saat sekolah sudah memiliki banyak teman .Sehingga kemana mana selalu dikenal banyak orang. Sepulang dari dari kerja seperti anak muda lainnya dia tidak langsung pulang dan tidur . Walaupun pekerjaan nya menguras tenaga dia sempatkan untuk bergaul dengan tetangga sekitarnya.Dia dikenal sebagai orang yang ringan tangan suka membantu menolong orang lain dengan tulus akibatnya dirinya tidak hanya dikenal tetangga sekitar melainkan tetangga dari daerah lainnya. Ramah,sopan,jujur tulus dan suka menolong.Sampai suatu saat dirinya pun mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik ke daerah lain. Dan para tetangganyapun “kehilangan sosok “yang banyak memberikan solusi tersebut…


Qur'anic Frame Work


“Wahai Tuhan kami ,berikanlah rahmat kepada kami dari sisiMu dan sempurnakanlah bagi Kami petunjuk yang lurus dalam urusan Kami”.QS al Kahfi;10





Personal Strategy

Banyak orang berupaya dikenal orang dengan hanya ingin mendapatkan kesan baik tapi melupakan bagaimana melakukan perbuatan yang baik.Lantaran kebaikan yang tidak tulus dan berpamrih tidak akan bertahan lama Yang lebih parah lagi adalah orang yang berprinsip tidak perlu terlalu sibuk dengan perbuatan baik sebab yang penting bagaimana membuat taraf hidup pribadi lebih baik ,nanti orang lain pasti menghormati.Karena orang yang memiliki  status social yang lebih baik bisa membuat orang lain”” silau dengan kesuksesan yang diraih. Bisa jadi ya bisa jadi tidak..karena masih banyak orang yang tidak silau dengan keberhasilan orang lain apapalagi jika orang yang sukses tadi memiliki kesan yang tidak baik.

Sebagai pegawai yang mungkin saja anda tidak memiliki kekayaan ,tidak memiliki jabatan maka anda bahkan bisa disegani dan dikasihi semua orang jika anda menggunakan kekuatan mental attitude yang anda miliki . Caranya :


1.Do something ,Any thing


Anda akan dikenal dengan apa yang anda lakukan ,maka lakukan lah pekerjaan pekerjaan yang membuat anda dikenal sebagai sosok yang suka menolong,cekatan dapat diandalkan dan tulus.Dengan anda melakukan kebaikan kebaikan yang memberikan kemanfaatan bagi orang lain akan mudah orang mengenali anda.Perilaku anda akan menjadi arah,makna dan tujuan dari pembentukan nama yang dikenal orang lain. Disamping menanam kebajikan pasti buahnya sangat manis dikemudian hari.Dari pada anda membuang waktu untuk kesenangan pribadi akan lebih baik jika mampu membuat kebahagiaan orang lain.Sampai suatu saat “karya’ yang anda membuat orang lain  merasa memerlukan anda untuk diberikan kepercayaan yang lebih besar ,lantaran alsan pertimbangan rasional anda telah memberikan Functional Benefit bagi mereka .

2.Imaginative  self history from mind and the soul

Menjadi pribadi yang dapat dikenal memberikan “Value -proposition” dengan memberikan kesan yang mendalam pada orang lain atau pun masyarakat. Contohnya ketika tetangga /rekan kerja membutuhkan pertolongan secara cepat tanggap anda memberikan bantuan dengan tulus ,maka anda akan dikenal sebagai sosok yang bermakna bagi kehidupannya. Dan orang lain akan selalu mengenang orang lain yang disaat susah membantunya. Pertolongan tidak harus dengan materi ucapan yang baik ,solusi penasehatan,sumbangan tenaga dsb ,akan lebih berkesan daripada memberikan pinjaman uang tapi diungkit ungkit sepanjang masa.Anda akan dikenang dan memberikan kesan  lebih mendalam lantaran anda memberikan emotional benefit. Mereka memiliki emotional deep felling lantaran perilaku anda yang mempesona.

3. Create  a touch of excellent service  


Kinerja pada profesi maupun pekerjaan social semestinya dilakukan dengan excellent service,kerjanya full nggak setengah setengah…!,Tercermin performance attitude yang memberikan kemudahan  untuk memperbaiki atau mendapatkan suatu layanan prima.Konsistensi serta kesinambungan dalam menjaga etos serta mutu hasil dari suatu kinerja. Memiliki karakteristik kinerja yang bisa dibedakan antara satu pegawai dengan kebanyakan pegawai lainnya . Berusaha untuk tidak “mencederai “ kepercayaan yang diberikan . orang lain> memberikan kepuasaan dengan menepati janji yang sudah diberikan dsb.


Anda akan memiliki point  penting tersendiri di mata orang lain yang bisa saja merupakan stake holder bagi karir masa depan anda jika anda sanggup membangun personal brand.…lakukan sekarang..!


 Bersambung-

0 komentar:

Posting Komentar