Kamis, 15 April 2010

Soft Skill resep Rosulullah SAW.


Soft Skill resep Rosulullah SAW.


Responsibility,accountability and shared success.

Ibnu Mas’ud menceritkan sebuah hadist riwayat At tirmidzi,Rosulullah bersabda:” tahukah anda semua ,siapakah yang diharamkan neraka kepadanya ?

Para sahabat menjawab :”hanya Allah dan RosulNya yang lebih mngetahui !”.

Maka nabi pun bersabda lagi : Neraka itu diharamkan bagi orang yang lemah lembut,mudah dalam pergaulan,menyenangkan dan bersemangat kekeluargaan.”

Sekelumit perjalanan Kasih merintis karir dengan Soft Skill.

Namanya Kasih, merintis karir sebagai SPG di perusahaan parfum terkenal.Bukan lantaran pernah mengikuti training salesmanship Kasih menjadi pribadi yang disukai banyak orang. Mulai dari costumer ,rekan kerja sampai seluruh tetangga.


Kasih, seperti namaya selalu sabar dan telaten dalam menjelaskan product knowledge . Sehingga konsumen merasa puas bahkan sebelum membeli pruduknya. Pertanyaan yang serius sampai yang menggoda ditanggapi tanpa menyakiti hati costumernya.Sudah tetntu omset penjualannya meningkat. Sepak terjangnya tidak selalu mendapat dukungan dari atasan maupun rekan kerja. Maklum rasa iri bisa menggelayuti siapa saja . Namun kasih hanya menjawab nya dengan senyum dan kerja keras. Sehingga ia lebih banyak berbicara dengan hasil.


Sembari menjadi SPG iapun telah menyelesaikan skripsinya. Wisuda dengan IPK 3,45 kasih bukan saja memimiliki good attitude namun juga otak encer.Kedekatannya dengan para dosen senior membuat dirinya kebanjiran proyek penelitian . Bekerja membantu dosen senior yang praktisi. Walaupun ini berarti Kasih memang harus meninggalkan dunia SPGnya.Sampai akhirnya Kasih menerima penawaran menjadi ass dosen di almamaternya.S2 atas beya siswa kampus pun diraih denagan gemilang.


Walaupun,sudah naik status sosialnya Kasih tidak berubah sikap dan perilakunya. Banyak mitra usaha ,mahasiswa dan masyrakatnya senang berhubungan dengannya. Termasuk semua mantan rekan SPG dimina dia bekerja dulu.Kasih telah sukses membangun karirnya. Namun dia lebih sukses mambangun kabahagiaan ,menemukan surge dalam hatinya .



Banyak orang meraih puncak karir dengan “hard Effort” melalui keahliaan dan kepintaran.tetapi juga sangat banyak orang pintar dan para ahli yang tidak suskses dalam karirnya.Hard effort saja tidak cukup. Sabda rosulullah agar kita lembah lembut,mudah dalam pergaulan ,menyenangkan,bersemangat kekeluargaan merupan soft skill yang harus dimiliki setiap orang.

“Mobilize your people around a common goal. Help them to feel apart of some thing genuine, special and important and you ‘ll inspire real passion & loyalty”.

Lemah lembut harus diterjemahkan sebagai perilaku credible;yakni menepati janji.bertanggung jawab dan berani menangung konsekuensi logis tindakannya. Sehingga kelemah lembutan adalah solusi dari trust ,kliennya.


Mudah dalam pergaulan adalah respect yakni,memiliki emphatic ,handling complain skill dan tidak mudah sakit hati jika dikritik.

Menyenangkan merupakan perwujudan dari accessibility yakni memberikan kemudahan kepada klien dalam pelayanan optimal. Sehingga klien senag berhubungan kemabli denagan anda.

Semangat kekeluargaan adalah mutual support ,apapun upaya yang dilakukan adalah membantu memberikan kebahagian dan solusi bagi orang lain. Sehingga klien merasa diperlakukan sebagai keluarga sendiri. Sehingga mememiliki rasa nyaman selama berhubungan dengan anda. Ini sangat berguna bagi kelancaran usaha dan kemajuan karir anda. Bahkan para klien berupaya mengadvocacy ketika anda dalam persoalan

Kalau sudah begini bagaimana anda bisa bertemu “neraka “ walaupun di dunia karir anda…!

0 komentar:

Posting Komentar