Rabu, 27 April 2016

QS An Najm 39-40 - Kinerja Aparatur: Tata Kelola , Akuntabiltas dan Pencitraan Publik.


Kank Hari Asean Motivator Passion & Spirit HRD 
Bagaimana agar SKPD kami mendapatkan kesan positif dalam pandangan masyarakat, kank hari ..?
Sangat membanggakan jika seorang pemimpin SKPD memiliki niat untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, dan niat tersebut pasti akan membuahkan hasil seperti yang bapak inginkan, sebagaimana firman Allah: “Dan tiap tiap orang hanya mendaptkan hasil  dari apa yang telah diupayakan dan hasil usahanya pasti diperlihatkan(kepadanya)”. Qs An Najm : 39 -40  

  Sebuah lembaga pemerinthan biaasnya mengacu kepada Tata Kelola , Akuntabiltas dan Pencitraan Publik.  Tata kelola secara sederhana merupakan penerapan secara optimal tupoksi masing masing lembaga, Akuntabilitas adalah pelaksanaan pengeloaan sebagaimana mestinya dan dapat dipertanggungjawabkan , sementara pencitraan publik adalah upaya membangun citra positif dimata publik.


Meskipun demikian kinerja aparatur tidak  boleh hanya berfokus pada tiga tersebut dikerenakan diera keterbukaan ini , kepuasaan masyarakat menjadi indikator integritas sebuah pelayanan lemabaga. Bisa saja setiap lembaga menjalan tugas sebagaimana mestinya dengan tiga hal tersebut , namun jika berdampak mendatangkan ketidak puasan masyarakat bisa jadi persepsi terhadap lembaga dan kepemimpinannya juga buruk.  Lantas harus bagaimana ..?

Pertama ,  selama ini jika anda terjebak pada kegiatan rutin pelaksanaan beban kerja dari Tupoksi , kembangkan untuk menjaga mutu kinerja pelayanan dan image yang sudah positif dari misi pelayanan SKPD anda.

Kedua, mulailah untuk mengevaluasi kinerja staff saat berinteraksi dan berkomunikasi khususnya dengan masyarakat yang dilayani. Apakah sesuai dengan budaya atau kebisaaan kearifan lokal masyarakat setempat. Dikarena keramahan yang solutif dapat meningkatkan ciitra lembaga yang anda pimpin.

Ketiga, mudahkan dan sederhanakan pelayanan jika memungkinkan gunakan perangkat ICT, sehingga untuk urusan yang tidak bersifat portofolio/atau berkas asli bisa dinformasikan dan dikomunikasikan melalui perangkat ICT yang dimiliki masyarakat setempat, seperti informasi, publikasi, sosialissi , pendataran , pengisian data dsb.

 Dengan demikian mendapatkan pelayanan secara mudah dan menyenangkan sehingga dapat membangunkesan positif kinerja SKPD anda.  

   

0 komentar:

Posting Komentar