Sabtu, 04 Oktober 2014

ASN: Strategi Maju Dalam Karir

Sesungguhnya kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran” (Qs Al –Qomar 49)
To compensate its employees with remuneration and fringe benefit competitive with other employment opportunities in this geographical area and commensurate with their contribution toward efficient corporate operation (Public Service Electric and Gas Company)
Menjadi Aparatur Sipil Negara, baik sebagai pegawai tetap atau tenaga kerja kontrak sudah tidak bisa lagi ‘bersantai’ mengingat setiap pegawai memiliki target kinerja yang berkaitan dengan reward and punishment yang harus diterima sebagai konsekuensi logis tanggung jawab nya. Disaat seperti ini jika anda adalah “pejabat” aparatur  Negara, sangat bergantung pada strategi karir professional  yang anda kembangkan. Inilah beberapa strategi yang sepatutnya anda kembangkan:


Promote Your Self
Atasan adalah penilai yang baik  untuk pengembangan  sikap mental  yang anda miliki dalam bekerja, jika anda memiliki prestasi kinerja yang baik, inilah saat yang tepat bagi anda untuk “dikenal “ karena prestasi yang anda miliki. Pastikan orang  lain tahu  seperti  atasan , terutama orang orang yang memegang peranan penting yang bisa membantu anda berkembang secara konstruktif   termasuk  konsumen yang  Anda layani.
Tujukkan bahwa anda layak dipercaya sekaligus pantas untuk mendapatkan dukungan promosi “jabatan”. Miliki keberanian untuk bertukar pikiran dengan atasan untuk kemajuan bidang atau unit  yang dipimpinnya. Jadikan  hasrat dan minat anda sebagai modal untuk mensukseskan tugas tim maupun beban kerja pribadi anda mencapai puncak optimal  kinerja anda.
 Value  Of Performance
Citra diri yang anda miliki adalah asset bagi tangga kemajuan karir anda oleh karena itu bangunlah citra diri melalui reputasi selama anda bekerja disana ,mulai dari reputasi mutu pengetahuan /wawasan, keterampilan kerja sampai pada akhlak mulia alias sikap mental yang dapat dipercaya. Bertindak ,berbusana dan berbicara secara professional.miliki keberanian untuk berkomunikasi ,baik komunikasi antar orang,negosiasi sampai berpidato.
Jangan takut bertindak dan berpkir out of the box ,temukan solusi unik untuk dan kreatif  setiap problem yang anda hadapi. Tekankan pada hasrat anda untuk mencapai kinerja yang optimal sehingga atasan dan rekan kerja anda respek terhadap rasa percaya diri andadan kinerja yang telah anda raih.
Lifelong learning  
Salah satu kunci keberhasilan dan kebahagiaan adalah belajar sepanjang hayat,termasuk dalam menjalani kehidupan karir secara professional. Jangan pernah alergi terhadap perubahan atau sesuatu yang baru miliki hasrat untuk terus belajar pengetahuan dan keterampilan baru sesuai bidang yang anda geluti,miliki kemampuan membaca  perkembangan trend terbaru pada bidang layanan yang anda geluti ,pastikan track record anda mencerminkan keterampilan yang diperlukan dimasa depan. MIsalnya perubahan kebijakan,sistem manjemen informasi  terpadu dsb.  
Dikarenakan promosi kenaikan jabatan tidak jarang juga atas pertimbangan rekan senior di instansi anda ,miliki hubungan yang harmonis denganrekan senior jadikan mereka mentor yang menjadi sumber pengetahuan ,informasi serta pelatih untuk kemajuan karir anda.
Interpersonal Skill
Memiliki banyak “relasi” di organisasi dimana anda bekerja akan sangat membantu  dalam meng  advocacy  anda untuk mengetahui kompetensi yang anda miliki ,hal tersebut akan mempermudah  bagi anda mendaptakan peluang peluang baru yang bakal muncul.
Keteramplan interpersonal memiliki peran penting bagi kemajuan karir anda termasuk repek atasan .rekan kerja dan stake holder yang lainya. Kembangkan terus sikap ramah ,berbicara dan bersikap secara baik dan tingkatkan mutu kepribadian anda. Miliki kemampuan mendengar dua kali lipat dari berbicara agar anda menjadi komunikator yang efektif. (Kank Hari, International HRD Consultant )  


0 komentar:

Posting Komentar