Senin, 08 Juli 2013

Staf Keras Kepala dan Tak Ber Inisiatif,Kiat Mengatasinya (menyongsong ASN)

Kebanyakan ,setiap pegawai sudah mempuyai gambaran tentang tindakan yang semestinya dilakukan dalam menyelesaikan beban tugasnya,jika proses rekrutmennya memang berbasis kompetensi .Jika mereka tidak kunjung berinisiatif menjalankan tugas biasanya karena mereka terpengaruh sistem,atasan rekan atau lingkungan kerja yang tidak kondusif.Mereka perlu mendapatkan keteladanan bisa saja kehilangan motivasi dan  dari atasan untuk membangkitkan motivasi kerja.



 Sama saja (bagi Tuhan), siapa diantaramu yang merahasiakan ucapannya, dan siapa yang berterus-terang dengan ucapan itu, dan siapa yang bersembunyi di malam hari dan yang berjalan (menampakkan diri) di siang hari. Qs Ar Ra'd 13;10
  

 Jika Staf anda beserta rekan kerja nya kehilangan  insiatif ,tunggu sampai mereka menemukan kesulitan yang mereka  tidak bisa selesaikan. Pada saat ini mereka menyadari pentingnya berinsiatif mengatasi masalahnya,biasanya jika mereka belum menemukan kendala ,mereka akan tetap asyik dengan “zona nyaman “nya ,tidak mempan di nasehati,tidak mempan di perintah dan tidak mempan untuk didisipilnkan.Tidak butuh diberi saran,tidak butuh dinasehati dan tidak butuh dikritik.Jadi tunggu momen yang tepat  untuk membuat mereka berinsiatif jika segala upaya membangun insiatif tidak mempan  sebelumnya.


“itu bukan urusan saya ,itu tidak menguntungkan bagi saya ,saya tak peduli selesai atau tidak bukan proyek saya !’.Ini adalah cirri perilaku staf yang tidak memiliki inisiatif . Berikan kepercayaan kepada staf anda untuk benar benar dapat terlibat aktif dalam memecahkan persoalan yang terjadi dalam team tersebut bersama  ‘bantuan  ‘ anda yang sesuai dengan batasan kewenangan .Bantu mereka dapat berpikir alternative untuk menemukan jawaban atas solusi yang dibutuhkan Fokuskan pada kecemasan mereka ,fokus pada capaian solusi  yang dibutuhkan,lihat dari gambaran harapan keseluruhan mereka dalam mengatasi persoalan.

Inilah beberapa cara agar staf anda  memiliki insiatif ;

·         Buat staf berinisiatif memahami persoalan sebagai potongan dari pencapaian keberhasilan pribadi dan kinerja tim.
·         Dorong  mereka menemukan bagaimana cara kerja menyelesaikan .
·         Buat mereka mengerti peranan masing masing dalam menjalankan fungsi peran masing masing.
·         Bangkitkan kesadaran staf  bagaimana peranannya bisa menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.


Jika anda tahu bagaimana membangkitkan inisiatif staf akan memudahkan anda menemukan kesuksesan program yang dicangkan...



0 komentar:

Posting Komentar