Rabu, 19 Juni 2013

Pegawai Dengan Integritas

Seorang pegawai yang memiliki integritas  adalah mereka yang memiliki keyakinan terhadap organisasi/instansi nya serta memiliki rasa percaya diri yang kuat,sehingga dalam menjalani profesi memiliki semangat melayani secara professional yang muncul dari dalam diri sendiri (insight) tanpa harus terus menerus  dalam pengawasan.Sedangkan pegawai yang memiliki integritas  memiliki kebanggan dalam memberikan pelayanan prima secara tulus dan memiliki loyalitas terhadap mutu kinerja.




Trust dari rekan kerja,atasan dan costumer  menjadi semakin kuat bilamana pegawai bersangkutan dapat memenuhi janji ,tepat waktu ,dapat memberikan solusi  dan dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan beban kerjanya. Reputasi kinerja pegawai  akan menjadi bahan pembicaraan lingkungan kantor  sehingga mendatangkan kepercayaan baru untuk bekerja sama membangun sinergi.Karena itu atasan   perlu memberikan dorongan untuk meningkatkan integritasnya sebagai referensi dan inspirasi bagi pegawai yang  lain. 

Pegawai  dengan integritas tinggi selalu mengedepankan azas kemanfaatan dirinya bagi orang lain daripada sekedar janji yang tak pasti.Dalam memberikan solusi dan kemanfaatan orang lain. Pegawai yang memiliki integritas senantiasa dapat membantu menyelesaikan persoalan orang yang dilayaninya   .

Integritas pegawai harus merupakan upaya yang berkesinambungan agar dapat membangun image dari sebuah karakter yang kuat,clear,berkaitan dengan  kinerja dan citra instansi bersangkutan .Mengingat stigma masyarakat atas pelayanan serta citra aparatur tidak menguntungkan pegawai aparatur bersangkutan .

Pada akhirnya pegawai harus dapat merangkai track record kinerjanya melalui integritas yang dikembangkan sesuai dengan tuntutan beban kerja jika ingin dikenali dan pantas untuk diberikan promosi jabatan.


0 komentar:

Posting Komentar