Seorang
pegawai yang memiliki integritas adalah
mereka yang memiliki keyakinan terhadap organisasi/instansi nya serta memiliki
rasa percaya diri yang kuat,sehingga dalam menjalani profesi memiliki semangat
melayani secara professional yang muncul dari dalam diri sendiri (insight)
tanpa harus terus menerus dalam
pengawasan.Sedangkan pegawai yang memiliki integritas memiliki kebanggan dalam memberikan pelayanan
prima secara tulus dan memiliki loyalitas terhadap mutu kinerja.
Trust dari rekan kerja,atasan dan costumer menjadi semakin kuat bilamana pegawai
bersangkutan dapat memenuhi janji ,tepat waktu ,dapat memberikan solusi dan dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan
beban kerjanya. Reputasi kinerja pegawai
akan menjadi bahan pembicaraan lingkungan kantor sehingga mendatangkan kepercayaan baru untuk
bekerja sama membangun sinergi.Karena itu atasan perlu memberikan dorongan untuk meningkatkan
integritasnya sebagai referensi dan inspirasi bagi pegawai yang lain.
Pegawai dengan integritas tinggi selalu mengedepankan
azas kemanfaatan dirinya bagi orang lain daripada sekedar janji yang tak
pasti.Dalam memberikan solusi dan kemanfaatan orang lain. Pegawai yang memiliki
integritas senantiasa dapat membantu menyelesaikan persoalan orang yang
dilayaninya .
Integritas
pegawai harus merupakan upaya yang berkesinambungan agar dapat membangun image
dari sebuah karakter yang kuat,clear,berkaitan dengan kinerja dan citra instansi bersangkutan
.Mengingat stigma masyarakat atas pelayanan serta citra aparatur tidak menguntungkan
pegawai aparatur bersangkutan .
Pada
akhirnya pegawai harus dapat merangkai track
record kinerjanya melalui integritas yang dikembangkan sesuai dengan
tuntutan beban kerja jika ingin dikenali dan pantas untuk diberikan promosi
jabatan.
0 komentar:
Posting Komentar