Sabtu, 03 Desember 2016

Menyongsong Kesiapan Aparatur “E Government” Untuk Edukasi , Informasi dan Komunikasi Peningkatan Mutu Pendidikan




Kank Hari Motivator Pelayanan Prima Jawa Timur
 Pejabat pelayanan public semestinya dapat belajar banyak dari pengaruh  peran media social /internet  terhadap perilaku masyarakat dan dahsyatnya dalam mempengaruhi semangat kebersamaan. Jika diperhatikan pengaruhnya sedemikian besar maka semestinya media social  dapat dijadikan sarana edukasi, informasi dan komunikasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.  

Lantas bagaimana agar pemanfataan digital information dan media social dapat berjalan efektif, maka pejabat public khususnya , humas atau PPID harus memiliki “keterampilan” sebagai berikut ini:



1.     Teknik dokumentasi dan data base serta statistic dari anggota masyarakat yang dilayani,baik pendidik maupun peserta didik sebagai user mobile /online.
2.     Memiliki maintenance management terutama pengguna content.
3.    Menyusun “kurikulum” informasi kontekstual guna berinteraksi dengan user.
4.    Bagaimana mengelola konten web yang menggabungkan infomasi , edukasi dan komunikasi selanjutnya dikomunikasikan ke media social (publish)..?
5.    Memahami secara mendalam peran media social terhadap sumber informasi.
6.    Memahami undang undang dan peraturan tentang keterbukaan public dan pelayanan prima pendidikan.
7.     Menata mindset pelayanan public kedalam pelayanan digital dalam membangun relasi harmonis dengan masyarakat yang dilayaninya.

Mengembangkan rencana strategis pelayanan prima kepada masyarakat agar mendapatkan mutu informasi yang lebih baik.  Kank Hari Mentor Humas MBS Pendidikan Karakter Indonesia,
                             Kank Hari  Ragam Pendidikan TVRI, "Peran TIK "

0 komentar:

Posting Komentar