Kank Hari Motivator Pelayanan Prima Jawa Timur |
Pejabat pelayanan public semestinya dapat
belajar banyak dari pengaruh peran media
social /internet terhadap perilaku
masyarakat dan dahsyatnya dalam mempengaruhi semangat kebersamaan. Jika
diperhatikan pengaruhnya sedemikian besar maka semestinya media social dapat dijadikan sarana edukasi, informasi dan
komunikasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Lantas
bagaimana agar pemanfataan digital information dan media social dapat berjalan efektif,
maka pejabat public khususnya , humas atau PPID harus memiliki “keterampilan”
sebagai berikut ini:
1.
Teknik
dokumentasi dan data base serta statistic dari anggota masyarakat yang dilayani,baik
pendidik maupun peserta didik sebagai user mobile /online.
2. Memiliki maintenance management terutama
pengguna content.
3. Menyusun “kurikulum”
informasi kontekstual guna berinteraksi dengan user.
4. Bagaimana mengelola
konten web yang menggabungkan infomasi , edukasi dan komunikasi selanjutnya
dikomunikasikan ke media social (publish)..?
5. Memahami secara
mendalam peran media social terhadap sumber informasi.
6. Memahami undang
undang dan peraturan tentang keterbukaan public dan pelayanan prima pendidikan.
7. Menata mindset pelayanan public kedalam
pelayanan digital dalam membangun relasi harmonis dengan masyarakat yang
dilayaninya.
Mengembangkan
rencana strategis pelayanan prima kepada masyarakat agar mendapatkan mutu
informasi yang lebih baik. Kank Hari Mentor Humas MBS
Pendidikan Karakter Indonesia,
Kank Hari Ragam Pendidikan TVRI, "Peran TIK "
0 komentar:
Posting Komentar