Seiring
dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ,maka kebutuhan untuk
kepentingan pendidikan juga semakin besar terutama Dinas Pendidikan Jawa Timur yang sudah memiliki Klinik Pendidikan
Jatim sebagai media informasi
,komunikasi dan konsultasi bagi kepentingan “Stake Holder”. Dengan adanya internet dan mobile ,maka transformasi
informasi dengan segala muatannya semestinya dapat dijalankan dengan baik
,efektif,murah ,cepat ,mudah dan akurat. Itulah sebabnya jika pada tahun 2014,
Biaya Operasional Sekolah “dialihkan”
penyalurannya melalui dinas Pendidikan
Provinsi Jatim ,maka system komunikasi ,informasi,pengaduan,advocacy dan
edukasi secara terpadu dpata dikola secara efektif dalam hal ini oleh klinik
pendidikan selaku “media center” nya
dinas pendidikan Provinsi Jawa Timur ‘.
Sementara
itu E’CRM sendiri adalah Electronic
Costumer Relationship Management yang menitik beratkan pada membina relasi
yang erat kepada stake holder terutama masayarakat penerima BOS itu sendiri
diwilayah Jawa Timur. Dalam rangka transprasi dan akuntabilitas pelaksanaan
program BOS ,maka penerapan e’ CRM oleh klinik pendidikan bisa melingkupi semua aspek dalam penyaluran
BOS baik kebijakan,tata cara ,analisis
maupun pengaduan atau complain sekaligus berfungsi sebagai media yangmembantu
pengawasan keberhasilan pelaksanaan penyelenggaraan BOS oleh masayarakat maupun instansi terkait. .
Komunikasi dapat terjalin dua arah ,melalaui
datang langsung,telepon ,sms,BBM,email ,Facebook ,maupun kolom pengaduan yang
tersedia untuk layanan khusus pada Web Site Klinik Pendidikan,Ambil contoh
layanan informasi seperti berikut ini
yang bisa disampaikan :
·
Menginformasikan jumlah data siswa penerima
dana BOS Kab/kota melalui media massa maupun Web Site
·
Mengumumkan daftar komponen yang boleh dan
tidak boleh dibiaya oleh BOS.
·
Memberikan pelayanan dan penanganan pengaduan
dari masyarakat dsb.
Lantas manfaat apa yang didapat dari
pemanfaatan e’CRM oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur ;
Pertama ; Masyarakat lebih “tercerahkan “dengan
informasi penyaluran dana BOS termasuk
pengunaannya sesuai undang undang yang berlaku ,karena mereka dengan mudah
dapat mengkases segala macam informasi
tentang BOS melalui layanan Klinik Pendidik selaku pusatnya informasi. Dengan adanya e’ CRM mereka lebih
convenience untuk mengkonfirmasi ulang,melakukan pengaduan ,maupun meminta kejelasan dikarenakan interaksi dengan lembaga terkait
dapat dilakukan dengan sms email
dsb,informasi yang didapatpun bisa lebih cepat dan akurat.dibandingkan
jika meminta langsung informasi kepada sekolah meskipun sekolah juga menganut
prinsip keterbukaan .
Kedua : Efesiensi dan efektifitas saluran
komunikasi informasi bagaimanapun mobile dengan smsnya maupun internet dengan
emailnya adalah media yang paling murah saat ini .Oleh karena itu dengan adanya
e’CRM pada Dinas Pendidikan Jawa Timur maka informasi tentang peyaluran dan
penyelenggraan BOS merupakan salah satu
komponen yang penting dalam menjangkau masyarakat. Program ini pun dapat memeta
keberhasilan dan ketepat gunaan penyelenggaraan di sekloah masing masing di
wilayah Jawa Timur melalui data base
yang dimiliki .Oleh karena itu Soft ware yang berkenaan dengan data mining sangat berperan. Dimana data mining
berperan sebagai informasi dan
pengetahuan ,yang mengolah laporan/ data
yang diperoleh menjadi report
,sehingga pihak terkait dapat memberikan solusi atas persoalan yang
dihadapi.
Dengan
hadirnya e ‘CRM bagi Dinas Pendidikan
Jawa Timur tentu juga harus memahami efektivitas setiap chanel komunikasi yang telah
dikembangkan .Perlu diingat bahwa data
perlu terus di update jika memang
ada perubahan,memerlukan verifikasi ,memperbaharui, mengembangkan dan merevisi
data tang sudah masuk kedalam data
base “Klinik Pendidikan” Selamat menyongsong Kedatangan BOS …!
Bersambung
0 komentar:
Posting Komentar