Selasa, 03 Desember 2013

Jatim Education Outlook 2014 : E’CRM PPID Solusi Untuk Layanan Informasi dan Pengaduan BOS .

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ,maka kebutuhan untuk kepentingan pendidikan juga semakin besar terutama Dinas Pendidikan Jawa Timur  yang sudah memiliki Klinik Pendidikan Jatim  sebagai media informasi ,komunikasi dan konsultasi bagi kepentingan “Stake Holder”.  Dengan  adanya internet dan mobile ,maka transformasi informasi dengan segala muatannya semestinya dapat dijalankan dengan baik ,efektif,murah ,cepat ,mudah dan akurat. Itulah sebabnya jika pada tahun 2014, Biaya Operasional Sekolah  “dialihkan” penyalurannya  melalui dinas Pendidikan Provinsi Jatim ,maka system komunikasi ,informasi,pengaduan,advocacy dan edukasi secara terpadu dpata dikola secara efektif dalam hal ini oleh klinik pendidikan selaku “media center” nya dinas pendidikan Provinsi Jawa Timur ‘.


Sementara itu E’CRM sendiri adalah Electronic Costumer Relationship Management yang menitik beratkan pada membina relasi yang erat kepada stake holder terutama masayarakat penerima BOS itu sendiri diwilayah Jawa Timur. Dalam rangka transprasi dan akuntabilitas pelaksanaan program BOS ,maka penerapan e’ CRM oleh klinik pendidikan  bisa melingkupi semua aspek dalam penyaluran BOS  baik kebijakan,tata cara ,analisis maupun pengaduan atau complain sekaligus berfungsi sebagai media yangmembantu pengawasan keberhasilan pelaksanaan penyelenggaraan BOS oleh masayarakat  maupun instansi terkait. .
 Komunikasi dapat terjalin dua arah ,melalaui datang langsung,telepon ,sms,BBM,email ,Facebook ,maupun kolom pengaduan yang tersedia untuk layanan khusus pada Web Site Klinik Pendidikan,Ambil contoh layanan informasi  seperti berikut ini yang bisa disampaikan :

·         Menginformasikan jumlah data siswa penerima dana BOS Kab/kota melalui media massa maupun Web Site
·         Mengumumkan daftar komponen yang boleh dan tidak boleh dibiaya  oleh BOS.
·         Memberikan pelayanan dan penanganan pengaduan dari masyarakat dsb.

Lantas manfaat apa yang didapat dari pemanfaatan e’CRM oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur ;

Pertama ; Masyarakat lebih “tercerahkan “dengan informasi penyaluran dana BOS   termasuk pengunaannya sesuai undang undang yang berlaku ,karena mereka dengan mudah dapat mengkases segala macam informasi  tentang BOS melalui layanan Klinik Pendidik  selaku pusatnya informasi.  Dengan adanya e’ CRM  mereka lebih  convenience untuk mengkonfirmasi ulang,melakukan pengaduan  ,maupun meminta kejelasan  dikarenakan interaksi dengan lembaga terkait dapat dilakukan  dengan sms  email  dsb,informasi yang didapatpun bisa lebih cepat dan akurat.dibandingkan jika meminta langsung informasi kepada sekolah meskipun sekolah juga menganut prinsip keterbukaan .

Kedua : Efesiensi dan efektifitas saluran komunikasi informasi bagaimanapun mobile dengan smsnya maupun internet dengan emailnya adalah media yang paling murah saat ini .Oleh karena itu dengan adanya e’CRM pada Dinas Pendidikan Jawa Timur   maka informasi tentang peyaluran dan penyelenggraan BOS  merupakan salah satu komponen yang penting dalam menjangkau masyarakat. Program ini pun dapat memeta keberhasilan dan ketepat gunaan penyelenggaraan di sekloah masing masing di wilayah Jawa Timur  melalui data base yang dimiliki .Oleh karena itu Soft ware yang berkenaan dengan data mining  sangat berperan. Dimana data mining berperan  sebagai informasi dan pengetahuan ,yang mengolah laporan/ data   yang diperoleh menjadi report ,sehingga pihak terkait dapat memberikan solusi atas persoalan yang dihadapi. 
         Dengan hadirnya e  ‘CRM bagi Dinas Pendidikan Jawa Timur tentu juga harus memahami efektivitas  setiap chanel komunikasi yang telah dikembangkan .Perlu diingat bahwa data  perlu terus  di update jika memang ada perubahan,memerlukan verifikasi ,memperbaharui, mengembangkan dan merevisi data    tang sudah masuk kedalam data base “Klinik Pendidikan” Selamat menyongsong Kedatangan BOS …!
Bersambung 





0 komentar:

Posting Komentar