Senin, 04 November 2013

Kiat Menjadi Bukan Pegawai Biasa (ETOS KERJA ASN )





Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.   QS  Ali Imran ;110
Pernyataan pertama saya kepada anda  adalah ‘jangan salahkan orang orang/masyarakat menganggap demikian karena kenyataan yang dilihat dan dialami oleh sebagian masyarakat memang demikian
’Citra profesi yang   tertanam dibenak umum memang terletak pada persepsi ‘.Namun yang tidak boleh anda lupakan  sebagai pegawai/profesi  boleh sama,tapi jadikan anda  dipersepsi lebih baik  dibandingkan pegawai lain.Bisa saja dalam satu instansi pegawai nya rata rata dianggap berperilaku /beretos kerja kurang baik   namun jadikan masyarakat /konsumen justru bisa membedakan anda dari yang lain ,berbeda dari seperti kebanyakan orang.
Itulah sebabnya bagaimana anda memposisikan diri  sebagai bukan pegawai biasa yang akan menentukan bagaimana persepsi  orang lain kepada anda.Untuk itu anda patut mempertimbangkan unsur unsur potensi keunggulan yang anda miliki baik berupa pengetahuan dan keterampilan atau sikap mental sebagai  sebagai keunggulan daya saing yang bisa dirasakan dan mengena pada hati orang yang anda layani.Selain itu anda juga perlu mempertimbangkan aspek aspek negatif berperilaku tidak produktif yang dapat menimbulkan kesan buruk.
Guna memperkuat citra positif pada diri anda perlu mempertimbangkan beberapa unsur berikut ini;
·        Keperibadian unik yang bisa dikenali anda berbeda dengan yang lain misalnya,kejujuran,rasa tanggung jawab,kedisplinan ,ketelitian atau dedikasi.
·        Ketepatan dalam melaksanakan tugas atau dapat memberikan solusi atas kebutuhan tugas  yang dibebankan kepada anda sehingga menghasilkan mutu kerja yang memuaskan.
·        Jadilah pegawai /staf yang memiliki arti penting bagi “stake holder” baik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan atau dapat melampaui batas  harapan mereka.
·        Istiqomah dalam setiap upaya perbaikan mutu layanan berbasis kinerja sehingga anda dikenal memiliki karakter pegawai yang bukan pegawai biasa.
 Citra positif yang melekat pada diri anda jika semakin bisa dikenali,diterima dan dibicarakan oleh masyarakat yang anda layani semakin mudah bagi anda untuk mendapatkan promosi jabatan sekaligus merombak citra negatif  menjadi citra positif  pada profesi anda.


0 komentar:

Posting Komentar