Rabu, 15 Desember 2010

Karakter Profesional (1) Costumer Service,Garda Terdepan Citra Perusahaan


Karakter Profesional (1)
Costumer Service,Garda Terdepan Citra Perusahaan



Namanya Vina ,sarjana sastra Inggris dengan IPK 3,54 baru saja diterima bekerja pada perusahaan hospitality tepatnya perhotelan . Pada saat melamar pekerjaan tersebut dulu ia sempat ragu apakah sanggup dia bekerja sebagai Costumer Service .Mengingat ia termasuk sosok yang introvert..
Sebagai Motivator tentu saya tak boleh mematikan “masa depannya”,,saya melihat potensi luar biasa dari inner beauty nya,Sosok yang ramah ,tangguh dan smart.

Kank ,apakah saya bisa berhasil menjadi CS …?

“Mengapa tidak !,

“Ya, tapi saya ini kan pemalu…jangankan berbicara panjang menawarkan produk,menyapa orang saja saya sering gagap …?”

Profesi itu, yang dibutuhkan Knowledge ,Knowhow & Attitude ,artinya kamu sudah punya modal itu !,Bukankah setiap perusahaan memiliki program pelatihan yang mumpuni sebelum diterjunkan ke lapangan…?

Setelah dialog itu, saya memang tidak bertemu agak lama,Sampai secara tidak sengaja pada saat jam istirahat siang, ,saya bertemu di kantin gedung perkantoran dimana Vina sudah diterima bekerja sebagai CS…

Setelah berbasa basi sebentar Vina mulai semangat bercerita

“Vin,kayaknya sekarang kamu jadi sangat luar biasa …!”

“ Maksud kank Hari …?

“ Kamu jauh dari saat bertemu dengan saya dulu .Sekarang kamu menjadi pribadi yang kuat pengaruhnya..,betulkah !”

“ Ya ,,Kank,….hari ini saya akan dapat bonus penjualan semester pertama,langsung masuk rekening.”

‘Emang kamu juga menjadi tenaga penjualan, ?

“Ya enggak kank ,kalau tenaga penjualan diartikan sebagai sales keliling,Tapi tugas saya memang menawarkan produk menggunakan telemarketing. ,Dimana tenaga door to door tidak dapat masuk ke wilayah perumahan mewah atau para top management yang tak bisa ditembus sales keliling.Bukan sekedar menjual Kank..! Tapi bagaimana membangun kedekatan emosi dengan calon buyer…Apa yang Kank Hari katakan dulu benar ini soal inner beauty dan Communication skill. Jadi bukan persoalan kepribadian tertutup”

“Hebat,saya juga mulai deg degan melihat kamu berbicara seperti ini…!”.

“Ah ,Kank Hari paling bisa membuat saya melambung….”

“Ok, selanjutnya apa tugas mu,masak cuma jualan..?”

‘”Kami garda paling depan dari pembangunan brand image perusahaan,Oleh karena itu perusahaan kami menempatkan excellent service sebagai dasar utama pelayanan. Sehingga custumer tidak hanya menerima janji janji dari iklan yang kami tawarkan. Tapi costumer bisa merasakan secara langsung pelayanan pari purna diatas ekspektasi mereka,Sampai persepsi atas perusahaan kami menjadii positip.sehingga terjadi repeat purchase dan costumer loyalty”

Excellent ,kamu Vina bagaimana kamu bisa banyak memahami “marketing “ padahal seingat saya kamu belum genap satu tahun bekerja…..’

Seperti kata kank Hari,tidak boleh berhenti belajar….!”

Dan saya pun berpisah dengannya karena punya kepentingan masing masing.

0 komentar:

Posting Komentar