Kank,staff saya merasa
dibebani terlalu banyak pekerjaan ,lebih
parahnya merasa dia juga tidak di hargai oleh temannya dan hasil kerjanya,apa
yang harus saya lakukan...?
Bisa jadi persepsi staff anda terhadap beban yang
dikerjakan merasa terlalu banyak
lantaran dirinya memang belum mengetahui dengan jelas volume pekerjaan yang harus dikerjakan setiap pegawai,atau
boleh juga lantaran pegawai anda
membandingkan volume pekerjaan yang dikerjakan dengan rekannya yang lain .
Sementara itu perasaan tidak
dihargai lebih dikarena kan cara pandang terhadap diri sendiri yang negatif dan
mengharap terlalu banyak agar orang lain seperti yang dia ingin diperlakukan,akibatnya
ketika harapannya tidak terpenuhi maka merasa dirinya tidak dihargai.Maka
inilah langkah yang bisa anda lakukan:
·
Evaluasilah beban
pekerjaan yang dilakukan terutama volume beban pekerjaan.
·
Buatlah daftar
rencana kerja ,target hasil yang harus
diisi oleh pegawai untuk mengukur volume beban kerja setiap pegawai sekaligus digunakan sebagai
distribusi pemerataan beban kerja yang adil.
·
Kepada pegawai bersangkutan ,dudukkan dan
ajaklah diskusi tentang persoalan persepsi yang dialaminya,stelah mengetahui
latar belakangnya ,yakinkan diri nya bahwa apa yang dilakukannya menunjukkan bahwa sikap yang dilakukannkya adalah bukti
loyalitas seorang profesional.Sehingga
pegawai bersangkutan merasa memiliki perasaan dihargai yang berguna membangun
rasa percaya diri.
·
Buatlah tim
,dengan melibatkan rekan kerja bersangkutan untuk ikut ambil bagian dengan beban kerja yang terukur untuk setiap
pegawai yang tergabung didalamnya.
·
Ijinkan pegawai
tersebut menyampaikan ide atau gagasan ,dan berilah kesempatan padanya untuk
boleh mengerjakan tugasnya lebih cepat melampui batas yang ditentukan sesuai mutu
kinerja yang diharapkan.
·
Tunjukkan daftar
keberhasilan keberhasilan yang pernah dilakukan agar pegwai bersangkutan tidak
terfokus pada kesalahan kesalahan yang
dilakukan yang dapat mengikis rasa percaya dirinya.
·
Jangan tergesa
gesa menyalahkan kesalahan kesalahan kecil yang dilakukan pegawai karena hal
ini dapat membuat ciut nyalinya, dikarenakan pegawai juga harus belajar dari
kesalahan nya untuk memperbaiki mutu kinerjanya.
Pada dasarnya diperlukan
kejelasan informasi atas beban kerja setiap pegawai agar merasa diperlakukan
adil Dengan demikian pegawai dapat melaknakan tugasnya secara optimal tanpa
merasa dirinya yang paling dibebani.
0 komentar:
Posting Komentar