![]() |
Kank Hari Asean Motivator Passion & Spirit HRD |
Bagaimana agar SKPD kami
mendapatkan kesan positif dalam pandangan masyarakat, kank hari ..?
Sangat membanggakan jika seorang
pemimpin SKPD memiliki niat untuk memberikan pelayanan optimal kepada
masyarakat, dan niat tersebut pasti akan membuahkan hasil seperti yang bapak
inginkan, sebagaimana firman Allah: “Dan
tiap tiap orang hanya mendaptkan hasil
dari apa yang telah diupayakan dan hasil usahanya pasti
diperlihatkan(kepadanya)”. Qs An Najm : 39 -40
Sebuah
lembaga pemerinthan biaasnya mengacu kepada Tata Kelola , Akuntabiltas dan Pencitraan
Publik. Tata kelola secara sederhana
merupakan penerapan secara optimal tupoksi masing masing lembaga, Akuntabilitas
adalah pelaksanaan pengeloaan sebagaimana mestinya dan dapat
dipertanggungjawabkan , sementara pencitraan publik adalah upaya membangun
citra positif dimata publik.
Meskipun demikian kinerja
aparatur tidak boleh hanya berfokus pada
tiga tersebut dikerenakan diera keterbukaan ini , kepuasaan masyarakat menjadi
indikator integritas sebuah pelayanan lemabaga. Bisa saja setiap lembaga
menjalan tugas sebagaimana mestinya dengan tiga hal tersebut , namun jika
berdampak mendatangkan ketidak puasan masyarakat bisa jadi persepsi terhadap
lembaga dan kepemimpinannya juga buruk. Lantas
harus bagaimana ..?
Pertama , selama ini jika anda terjebak pada kegiatan
rutin pelaksanaan beban kerja dari Tupoksi , kembangkan untuk menjaga mutu
kinerja pelayanan dan image yang sudah positif dari misi pelayanan SKPD anda.
Kedua, mulailah untuk mengevaluasi
kinerja staff saat berinteraksi dan berkomunikasi khususnya dengan masyarakat
yang dilayani. Apakah sesuai dengan budaya atau kebisaaan kearifan lokal masyarakat
setempat. Dikarena keramahan yang solutif dapat meningkatkan ciitra lembaga
yang anda pimpin.
Ketiga, mudahkan dan sederhanakan
pelayanan jika memungkinkan gunakan perangkat ICT, sehingga untuk urusan yang
tidak bersifat portofolio/atau berkas asli bisa dinformasikan dan
dikomunikasikan melalui perangkat ICT yang dimiliki masyarakat setempat,
seperti informasi, publikasi, sosialissi , pendataran , pengisian data dsb.
Dengan demikian mendapatkan pelayanan secara
mudah dan menyenangkan sehingga dapat membangunkesan positif kinerja SKPD anda.
0 komentar:
Posting Komentar