
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. QS Ali
Imran ;110
Pernyataan pertama
saya kepada anda adalah ‘jangan salahkan
orang orang/masyarakat menganggap demikian karena kenyataan yang dilihat dan dialami
oleh sebagian masyarakat memang demikian
’Citra profesi yang tertanam dibenak umum memang terletak pada
persepsi ‘.Namun yang tidak boleh anda lupakan sebagai pegawai/profesi boleh sama,tapi jadikan anda dipersepsi lebih baik dibandingkan pegawai lain.Bisa saja dalam
satu instansi pegawai nya rata rata dianggap berperilaku /beretos kerja kurang
baik namun jadikan masyarakat /konsumen justru bisa
membedakan anda dari yang lain ,berbeda dari seperti kebanyakan orang.
Itulah sebabnya
bagaimana anda memposisikan diri sebagai
bukan pegawai biasa yang akan menentukan bagaimana persepsi orang lain kepada anda.Untuk itu anda patut
mempertimbangkan unsur unsur potensi keunggulan yang anda miliki baik berupa
pengetahuan dan keterampilan atau sikap mental sebagai sebagai keunggulan daya saing yang bisa
dirasakan dan mengena pada hati orang yang anda layani.Selain itu anda juga
perlu mempertimbangkan aspek aspek negatif berperilaku tidak produktif yang
dapat menimbulkan kesan buruk.
Guna memperkuat citra
positif pada diri anda perlu mempertimbangkan beberapa unsur berikut ini;
·
Keperibadian unik yang bisa dikenali anda berbeda dengan yang
lain misalnya,kejujuran,rasa tanggung jawab,kedisplinan ,ketelitian atau dedikasi.
·
Ketepatan dalam melaksanakan tugas atau dapat memberikan solusi
atas kebutuhan tugas yang dibebankan
kepada anda sehingga menghasilkan mutu kerja yang memuaskan.
·
Jadilah pegawai /staf yang memiliki arti penting bagi “stake
holder” baik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan atau dapat melampaui batas harapan mereka.
·
Istiqomah dalam setiap upaya perbaikan mutu layanan berbasis
kinerja sehingga anda dikenal memiliki karakter pegawai yang bukan pegawai
biasa.
Citra positif yang melekat pada diri anda jika
semakin bisa dikenali,diterima dan dibicarakan oleh masyarakat yang anda layani
semakin mudah bagi anda untuk mendapatkan promosi jabatan sekaligus merombak
citra negatif menjadi citra positif pada profesi anda.
0 komentar:
Posting Komentar